Jadi Pembicara ARDC 2018 di ITS Surabaya, Dosen ITB Singgung Peraturan Bangunan di Daerah Wisata

Selain itu, Heru juga menyinggung masalah peraturan bangunan di daerah wisata seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, dan lain-lain.

Jadi Pembicara ARDC 2018 di ITS Surabaya, Dosen ITB Singgung Peraturan Bangunan di Daerah Wisata
ISTIMEWA
Kepala departemen dan dosen Arsitek ITS Surabaya saat foto bersama, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), Heru Wibowo Poerbo, mengatakan, jika perencanaan tata ruang maupun peraturan bangunan sebenarnya bertujuan untuk menjaga keteraturan, keamanan, keselamatan, dan kenyamanan.

Hal ini disampaikannya saat mengadiri seminar Architectural Research and Design Conference (ARDC) 2018 yang dihelat oleh Departemen Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya di Hotel Bumi Surabaya, Kamis (8/11/2018).

Selain itu, Heru juga menyinggung masalah peraturan bangunan di daerah wisata seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, dan lain-lain.

Menurutnya, saat ini dibutuhkan keseimbangan antara desain tradisional dan modern untuk menciptakan citra bangunan yang dapat diterima oleh khalayak luas.

Gelar ARDC 2018, ITS Surabaya Soroti Efek Peraturan Bangunan pada Kreativitas Desain

Sementara itu, Sung Hong Kim dari Universitas Seoul, Korea Selatan mengungkapkan, jika larangan dan batasan yang diatur dalam building codes justru dapat memicu kreativitas.

“Arsitek dan desainer harus dapat menciptakan solusi desain yang mampu mengakomodasi kebutuhan manusia, namun tetap sesuai dengan aturan yang ada,” tuturnya.

Sedangkan, pembicara lain yang juga dosen Arsitektur ITS, Bambang Soemardiono menjelaskan, jika konsep desain infill_yang memadukan bangunan bersejarah dengan bangunan baru dapat pula menjadi solusi untuk menciptakan harmoni pada desain.

Acara ARDC 2018 ini juga dihadiri oleh pembicara yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia seperti UGM, ITB, Universitas Bengkulu, Universitas Tarumanegara, dan lain-lain.

Sambut Hari Pahlawan, 390 Siswa TK Ikuti Lomba Mewarnai Sendok Nasi Kayu di BG Junction Surabaya

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved