Selama 100 Hari Berlayar, Taruna AAL Berlatih Navigasi Astronomi di KRI Bima Suci 

Pada misi itu, sebanyak 100 Taruna AAL dilatih berlayar untuk praktek navigasi astronomi pada medan yang sesungguhnya yaitu di samudera.

Selama 100 Hari Berlayar, Taruna AAL Berlatih Navigasi Astronomi di KRI Bima Suci 
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
KRI Bima Suci, Jumat (9/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - KRI Bima Suci sebagai kapal layar latih para Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III dan pelaksana Operasi Kartika Jala Krida 2018 telah melaksanakan misi utama 100 hari pelayaran.

Pada misi itu, sebanyak 100 Taruna AAL dilatih berlayar untuk praktek navigasi astronomi pada medan yang sesungguhnya yaitu di samudera.

Pangkoarmada II, Laksda TNI Mintoro Yulianto mengatakan, perjalanan KRI Bima Suci melatih para taruna untuk berlayar memanfaatkan astronomi ke beberapa negara.

TKD Usul Syaichona Cholil Jadi Pahlawan Nasional, Dukungan Jokowi-Maruf Amin di Madura Makin Besar

"Melatih para taruna AAL untuk memanfaatkan astronomi yaitu bintang dan tanda-tanda referensi di laut ketika di samudera. Ada 26 layar yang bisa dikembangkan. Sangat indah sekali kapalnya miring kita di dalam kapal itu," kata Laksda TNI Mintoro Yulianto di KRI Bima Suci, Jumat (9/11/2018).

Mereka berlatih mempraktekan teori yang selama ini didapat di akademi yang nantinya akan dinilai secara akademis, kepribadian, dan samapta pada pelayaran Operasi Kartika Jala Krida 2018.

Navigasi astronomi pelayaran visual dengan menggunakan alat-alat dan tanda visual di darat dengan metode datar ini disebut sangat penting bagi para taruna.

Ramaikan Gelaran Parade Juang Surabaya, Komunitas WOI Tampilkan Mobil Spesial Buatan Tahun 1944

Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro juga menjelaskan, serangkaian kegiatan pelayaran ini memberikan wawasan kepada para taruna dan dibutuhkan fisik mental kuat terutama mengatur layar nenuju tempat yang aman.

"Saya bangga dengan taruna AAL ini mereka calon pemimpin khsuusnya di laut bagi bangsa indonesia ke depan. Untuk menjaga dan mengamankan laut," ujarnya.

Menikmati Hari Pahlawan di Kota Surabaya, 4 Acara Seru di Bulan November ini Tak Boleh Dilewatkan

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Ayu Mufihdah KS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved