Rumah Politik Jatim

TKD Usul Syaichona Cholil Jadi Pahlawan Nasional, Dukungan Jokowi-Maruf Amin di Madura Makin Besar

Ketua TKD Jatim untuk pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Machfud Arifin, memimpin silaturahim TKD Jatim dengan para kiai di Ponpes Al-Hikam, Bangkalan.

TKD Usul Syaichona Cholil Jadi Pahlawan Nasional, Dukungan Jokowi-Maruf Amin di Madura Makin Besar
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk pemenangan Jokowi-KH Maruf Amin, Machfud Arifin, memimpin silaturahim TKD Jatim dengan para kiai di Ponpes Al-Hikam, Bangkalan, Madura, serta berziarah ke makam Syaichona Cholil, Jumat (9/11/2018) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Machfud Arifin, memimpin silaturahim TKD Jatim dengan para kiai di Ponpes Al-Hikam, Bangkalan, Madura.

Kedatangan Machfud Arifin ke Bangkalan juga untuk berziarah ke makam Syaichona Cholil, Jumat (9/11/2018).

“Alhamdulillah, ini Jumat berkah bisa tabarruk dengan para ulama. Dan bertepatan dengan Hari Pahlawan, kami punya harapan agar Syaichona Cholil bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional," ujar Machfud Arifin.

"Kami paham bahwa para kiai pasti tidak memusingkan gelar pahlawan, tapi itu adalah wujud penghargaan terhadap jasa ulama, khususnya Syaichona Cholill, yang sangat besar bagi bangsa ini,” sambung dia.

Machfud Arifin mengungkapkan jika ada beberapa alasan mendasar dirinya mengusulkan hal tersebut.

Menikmati Hari Pahlawan di Kota Surabaya, 4 Acara Seru di Bulan November ini Tak Boleh Dilewatkan

Alasan pertama adalah Syaichona Cholil merupakan guru para ulama besar, seperti KH Hasyim Asyari, KH Abdul Wahab Hasbullah, KH Bisri Syansuri, KH Bisri Mustofa, KH Nawawi, KH Asad Syamsul Arifin.

Banyak pesantren di Indonesia yang mempunyai keterkaitan dengan Syaichona Cholil, baik langsung maupun tidak.

Machfud Arifin melanjutkan, Syaichona Cholil juga meminta KH Asad Syamsul Arifin untuk mengirim isyarah berupa tongkat ke KH Hasyim Asyari, yang kemudian dikenal sebagai awal mula cerita berdirinya Nahdlatul Ulama (NU).

“Dari Syaichona Cholil lahir banyak ulama besar dan tokoh-tokoh yang menjaga bangsa ini dari kehancuran dan perpecahan. Bisa dibayangkan jika tidak ada murid-murid beliau hingga saat ini yang dikenal sebagai ulama penjaga keindonesiaan,” ujar Machfud Arifin yang datang bersama puluhan jajaran TKD Jatim.

Ramaikan Gelaran Parade Juang Surabaya, Komunitas WOI Tampilkan Mobil Spesial Buatan Tahun 1944

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ayu Mufihdah KS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved