Rumah Politik Jatim

Bawaslukab Lamongan Ajak Ormas, LSM, OKP dan NGO Awasi Pemilu 2019

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslukab) Lamongan mengajak semua elemen Masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan Pemilu 2019 me

Bawaslukab Lamongan Ajak Ormas, LSM, OKP dan NGO Awasi Pemilu 2019
SURYA/HANIF MANSHURI
Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum Tahun 2019 dengan tema "Memilih Dengan Riang Gembira Tanpa Money Politik dan Politisasi Sara' yang digelar Bawaslukab Lamongan di Hall Hotel Mahkota, Selasa (4/9/2018). 

 TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten (Bawaslukab) Lamongan mengajak semua elemen Masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan Pemilu 2019 mendatang.

"Kita mengajak teman Ormas, OKP, NGO terlibat aktif dalam pengawasan Pemilu 2019 tahapan dan proses-prosesnya," kata Ketua Bawaslukab Lamongan, Miftahul Badar kepada Tribunjatim.com , Sabtu (10/11/2018).

Badar mengatakan, ajakan itu bahkan telah disosialisasikan termasuk sosialisasi Perbawalu Nomor 4 Tahun 2018 yang diadakan pada Rabu (7/11/2018) di Hall Grand Mahkota lalu.

Pengawasan tersebut, dikatakan Badar yakni dengan berpartisipasi untuk ikut pemantauan berdasarkan Perbawaslu nomor 4 tahun 2018.

Ormas atau LSM itu boleh menjadi pemantau pemilu cuma harus mendaftar dan diakreditasi.

Bayi Dibuang di Teras Rumah Warga Ngoro Jombang, Pasangan Belum Nikah Ini Menyesal

Dengan menjadi lembaga pemantau Pemilu, maka berhak mengikuti, memantau proses pemilu 2019 misalnya, bisa hadir ke TPS mengawasi secara langsung.

Jadi, siapa saja yang ingin menjadi pemantau pemilu bisa mendaftar ke Bawaslu.

"Nanti akan dilakukan penelitian administrasi, kalau sudah memenuhi persyaratan mendapatkan sertifikat akreditasi," ujar Badar kepada Tribunjatim.com.

Berada di Zona Degradasi, Serui Percaya Diri Patok Target Tinggi Tantang Arema FC

Badar menambahkan, di Bawaslu RI saat ini sudah ada 17 lembaga Pemantauan Pemilu. Sementara di Lamongan hanya ada 4 lembaga.

Sedang pemantauan pemilu di Lamongan ada PMII, HMI, ada 4 lembaga yang menjadi turunan di lembaga RI. (TribunJatim.com/Hanif Manshuri)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved