Dukung Program Dinas Kesehatan, Fakultas Kedokteran Unair Bangun 340 Jamban untuk Warga Surabaya

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya menyumbang 340 jamban sebagai bentuk dukungan Program Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Dukung Program Dinas Kesehatan, Fakultas Kedokteran Unair Bangun 340 Jamban untuk Warga Surabaya
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
Ketua Pelaksana Kegiatan Dies Natalies FK Unair ke-105, Budi Santoso (kiri) memberikan secara simbolis bantuan pembangunan jamban kepada Sekretaris Kelurahan Pakis, Ariani Ganefia (kanan), Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya menyumbang 340 jamban sebagai bentuk dukungan Program Dinas Kesehatan Kota Surabaya, “Open Defecation Free”.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari 445 agenda bakti sosial oleh FK Unair, untuk merayakan Dies Natalies-nya yang ke-105.

"Kami bangun jamban di sepanjang Kalimas Surabaya, juga di beberapa titik seperti Kelurahan Pakis dan Keputran. Ada juga di Dukuh Kupang," ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Dies Natalies FK Unair ke-105, Budi Santoso, Sabtu (10/11/2018).

Dies Natalies Fakultas Kedokteran Unair Surabaya ke-105, Angkatan 1962 Ikut Bakti Sosial

Budi menyampaikan, total jamban yang sudah dibangun atau dibenahi salurannya berasal dari sumbangan para alumni FK Unair Surabaya.

Di antaranya, alumni angkatan 1984 menyumbang 38 jamban untuk Kelurahan Pakis, angkatan 1985 menyumbang 85 jamban untuk daerah Dukuh Kupang Surabaya.

Rektor ITS Surabaya Sebut Industri Kreatif di Tanggulangin, Sidoarjo Berpotensi Jadi Primadona

Dengan melakukan pembangunan atau pembenahan saluran jamban, diharapkan masyarakat Surabaya dapat memeroleh kualitas hidup yang lebih sehat.

"Seperti di beberapa daerah di sepanjang Kalimas itu, pipa-pipa WC-nya langsung dibuang ke sungai. Nah ini kita buatkan septic tank, supaya saluran pembuangannya benar dan sungainya juga jadi tidak tercemar," ujar Budi.

Sambut Hari Pahlawan, 390 Siswa TK Ikuti Lomba Mewarnai Sendok Nasi Kayu di BG Junction Surabaya

Informasi mengenai daerah-daerah bermasalah jamban, diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Selanjutnya, para alumni mementukan daerah mana yang akan menerima sumbangan.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved