Rumah Politik Jatim

Ingin Tingkatkan Kualitas Garam Sampang, Khofifah Akan Gandeng Peneliti Perguruan Tinggi

Ingin Tingkatkan Kualitas Garam Sampang, Khofifah Indar Parawansa Akan Gandeng Peneliti Perguruan Tinggi.

Ingin Tingkatkan Kualitas Garam Sampang, Khofifah Akan Gandeng Peneliti Perguruan Tinggi
TRIBUNJATIM/IST
Khofifah Indar Parawansa saat hadir dan memberikan orasi ilmiah di Rapat Senat dalam rangka Dies Natalis ke 6 Politeknik Negeri Madura, Selasa (13/11/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Gubernur Jatim terpilih periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa berkomitmen untuk bisa mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Sampang Madura.

Hal itu disampaikan Khofifah saat hadir dan memberikan orasi ilmiah di Rapat Senat dalam rangka Dies Natalis ke 6 Politeknik Negeri Madura, Selasa (13/11/2018).

Ia ingin menggandeng kampus yang ada di Sampang untuk berpartisipasi memberikan solusi untuk masalah yang ada di sekelilingnya.

Khofifah mengatakan, Sampang menjadi kabupaten tertinggi angka kemiskinannya di Jawa Timur. Dan Indeks Pembangunan Manusia di Sampang juga menempati urutan terendah se Jawa Timur.

Untuk itu mantan Menteri Sosial Kabinet Kerja Jokowi ini ingin mengajak perguruan tinggi lintas wilayah untuk bahu membahu meningkatkan kesejahteraan di Sampang Madura.

"Produksi garam Sampang ini tertinggi kedua setelah Cirebon. Namun sayangnya kita masih impor untuk garam industri," ucap Khofifah.

Ibu empat anak ini menyebut, meski mampu memproduksi garam dalam jumlah besar, garam asal Sampang ini belum bisa masuk kategori garam industri.

Ini lantaran kadar yodium dan NaCl garam Sampang masih sangat rendah sehingga butuh ditingkatkan.

Selama melakukan navigasi program, Khofifah mengaku sudah bertemu dengan banyak pihak, termasuk peneliti ITB, UTM untuk diskusi peningkatan kualitas garam Sampang.

"ITB dan UTM sudah ke sini, ini sudah kami diskusikan. Sekarang yang dilakukan adalah butuh emetaan dimana yang kadar lumpurnya masih tinggi, mana yang kadar NaCl nya masih bisa ditingkatkan, produsen garam mana yang yodiumnya masih bisa ditingkatkan," kata Khofifah.

Menurutnya untuk bisa meningkatkan kualitas garam Sampang dibutuhkan intervensi teknologi. Mulai teknologi evaporasi sampai teknologi peningkatan kadar kandungan yodium dan NaCl garam.

Upaya itu harus dilakukan agar memiliki manfaat besar bagi masyarakat di Sampang Madura. Terutama akan meningkatkan daya jual garam Madura sehingga upaya mencapai kesejahteraan masyarakat Sampang bisa tercapai. (fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved