Kemenag Jombang Siap Setiap Saat Terbitkan Kartu Nikah Pengganti Buku Nikah

Kemenag Jombang Menyatakan Siap Setiap Saat Terbitkan Kartu Nikah Pengganti Buku Nikah.

Kemenag Jombang Siap Setiap Saat Terbitkan Kartu Nikah Pengganti Buku Nikah
TRIBUNJATIM/SUTONO
Kepala Kantor Kemenag Jombang Abdul Haris 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, Jawa Timur menyatakan sama sekali tidak akan kesulitan jika program kartu nikah, sebagai pengganti buku nikah, segera dilaksanakan.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Jombang Abdul Haris. Sebab, menurutnya, saat ini data yang ada di Kemenag Kabupaten Jombang dan Kantor Urusan Agama (KUA) sudah terkoneksi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

"Sehingga, untuk teknis penerbitan kartu nikah dipastikan tidak ada kendala," kata Kepala Kantor Kemenag Jombang, Abdul Haris, kepada Surya (TribunJatim Network), Kamis (15/11/2018).

Menurut Abdul Hasis, penerbitan kartu nikah ini nanti memang terpusat di KUA. Namun karena semua data sudah terkoneksi dengan Dispenduk Capil, sehingga begitu nanti diluncurkan, sudah tidak ada kendala.

"Kondisi (terkoneksinya data KUA dengan Dispendukcapil) ini adalah pertama di Jatim. Bahkan mungkin juga se Indonesia," tegasnya.

Kendati demikian, Abdul Haris mengaku pihaknya belum bisa mulai melaksanakan program tersebut, Sebab hingga saat ini, Kemenag Jombang belum mendapat surat secara resmi dari Kementerian Agama RI.

Hanya saja Abdul Haris memprediksi, penerbitan kartu nikah di Jombang sendiri baru akan direalisasikan pada awal 2019.

“Rencananya segera direalisasi. Kecuali kalau ada respon-respon kuat untuk ditunda. Tapi prinsipnya, karena ini soal pelayanan prima kepada masyarakat, maka harus kami dukung,” imbuh Haris.

Program ini kartu nikah merupakan uji coba. Informasinya, Kemenag RI akan mencetak 1 juta kartu nikah atau untuk 500 ribu pasangan.

Pada 2019, Kemenag akan memperbanyak penerbitan kartu nikah dengan melihat perkembangan di lapangan. (sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved