Rumah Politik Jatim

Pakde Karwo Usulkan Peran Camat Sebagai Koordinator Wilayah Diperkuat

Pakde Karwo Mengusulkan Peran Camat Sebagai Koordinator Wilayah Diperkuat, saat jadi narasumber di Rapat Koordinasi Nasional Para Camat.

Pakde Karwo Usulkan Peran Camat Sebagai Koordinator Wilayah Diperkuat
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Gubernur Jatim Soekarwo 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo mengusulkan agar peran camat sebagai koordinator semakin diperkuat.

Pasalnya camat berperan sebagai quasi kepala wilayah yang berwenang mengkoordinasikan dan menyelesaikan permasalahan di wilayah kecamatan.

Selain itu, penguatan peran ini, kata Pakde Karwo sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2018 tentang kecamatan.

Dimana, tugas camat diantaranya menyelenggarakan urusan pemerintahan umum serta mendapat pelimpahan sebagian kewenangan Bupati/Wali Kota untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Termasuk menyangkut kerjasama dengan lembaga vertikal seperti masalah ketentraman dan ketertiban serta deteksi dini permasalahan lokal di kecamatan.

“Camat harus jelas tugasnya sebagai koordinator wilayah. Pendelegasian dan otoritas harus jadi satu. Saya selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) siap mendukung dan sudah mengirim surat terkait hal ini,” ujar Pakde Karwo, saat menjadi narasumber di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Regional III di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis (15/11/2018).

Menurut Pakde Karwo, sebagai langkah penguatan peran camat, bupati/walikota harus menyerahkan pendelegasian wewenang kepada camat secara detail.

Sekaligus diikuti pembelanjaan uang atau pembiayaannya. Pendelegasian wewenang ini diantaranya terkait pelayanan perizinan dan non perizinan.

Orang nomor satu di Jatim ini mengatakan, sebagai pelaksana urusan pemerintahan umum, camat dibantu oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) seperti kapolsek dan danramil.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved