Buktikan Peranan Pemuda, Marine Competition di ITS Surabaya Diikuti 126 Tim

Marine Competition merupakan acara inti dari Marine Icon 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Hima Siskal)

Buktikan Peranan Pemuda, Marine  Competition di ITS Surabaya Diikuti 126 Tim
sulvi sofiana/surya
Peserta ESBC saat menyiapkan Kapal bertenaga Surya dengan beragam model cruise ship dalam rangkaian Marine Icon 2018 di danau 8 ITS, Jumat (16/11/2018 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Untuk membuktikan peranan pemuda pada perkembangan maritim. Maka digelarlah, Marine Competition merupakan acara inti dari Marine Icon 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (Hima Siskal) Fakultas Teknologi Kelautan-ITS Surabaya.

Gelaran Marine Competition diikuti 126 tim.

Septia Dini Rahayu (19), mahasiswa D3 Elektronika dan Instrumentasi Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama timnya Kadita akan mengikuti kompetisi Eco Solar Boat Competition (ESBC).

Mereka membawa desain kapal pesiar dengan bahan kayu balsa kemudian dilapisi fiber glass agar tidak menyerap dan bocor.

"Kayu balsa ini ringan, makanya kami lapisi dengan Figer glass ukuran 40 gram per meter, sehingga kapalnya lebih ringan tapi juga lebih rawan bocor," urainya disela persiapan lomba di sisi danau 8 ITS kepada TribunJatim.com , Jumat (16/11/2018).

UMK Surabaya dan Ring 1 Naik Rp 300.000 Dibanding Tahun Lalu

Namun, tim yang sudah dua kali mengikuti kompetisi ini yakin dengan ringannya kapal dan desain yang rapi akan unggul dalam kompetisi ESBC.

"Karena kapalnya ringan harusnya lebih cepat melajunya," pungkasnya kepada TribunJatim.com.

Muhammad Satrio, Ketua Panitia mengungkapkan Marine Competition merupakan rangkaian Marine Icon yang diadakan mulai 16, 17, dan 18 November 2018 di danau 8 kampus.

Ia menjelaskan ESBC merupakan perlombaan Kapal bertenaga Surya yang diikuti oleh 54 peeserta kalangan mahasiswa dari berbagai Universitas ternama di Indonesia.

Nilai UMK Jatim 2019 Resmi Ditetapkan, Tertinggi Rp 3,8 Juta di Surabaya, 9 Kabupaten Ini Terendah

"ESBC tahun ini kami memakai model cruise ship, dan memang harus dikerjakan sendiri semua komponennya," katanya kepada TribunJatim.com.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved