Rumah Politik Jatim

Ratusan Alat Peraga Kampanye di Lamongan Langgar Aturan, Langsung Dibantol Petugas Gabungan

Ratusan Alat Peraga Kampanye di Lamongan Langgar Aturan dan Langsung Dibantol Oleh Petugas Gabungan.

Ratusan Alat Peraga Kampanye di Lamongan Langgar Aturan, Langsung Dibantol Petugas Gabungan
TRIBUNJATIM/HANIF MANSHURI
Petugas saat menurunkan APK di Kabupaten Lamongan yang dipasang melanggar aturan, Jumat (16/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Banyak Alat Peraga Kampanye (APK) untuk pemilu 2019 di Lamongan dipasang ngawur.

Mereka tidak lagi memperdulikan soal keindahan dan ketertiban. Bahkan diantaranya banyak dipasang di pohon dengan cara dipaku.

Melihat semakin liarnya pemasangan APK ini, petugas gabungan, termasuk Satpol PP, Panwas terpaksa APK yang dipasang sembarangan alias tidak sesuai dengan ketentuan itu ditertibkan. Dilepas, dibantol dan diamankan.

Ketua Bawaslu Lamongan, Miftahul Badar, Jumat (16/11/2018) disela-sela penertiban mengatakan, penertiban ini dilakukan secara serentak di seluruh Lamongan dan pihaknya menertibkan ratusan alat peraga kampanye seperti poster baliho ataupun spanduk.

"Alat peraga yang ditertibkan mencapai ratusan alat peraga karena dilakukan secara serentak di seluruh Lamongan," katanya.

Sebelum penertiban, pihaknya sudah melangkag sesuai prosedur, mengirim surat ke parpol dan calon DPD maupun tim kampanye capres-cawapres yang ada di Lamongan agar merubah cara pasang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam surat tersebut, pihaknya meminta agar Peserta Pemilu menertibkan sendiri atau memperbaiki alat peraga kampanye yang melanggar dan tidak sesuai ketentuan.

Penertiban alat peraga kampanye ini, kata Badar, dilakukan secara maraton dan serentak bersama dengan aparat terkait, yaitu Satpol PP Lamongan.

Senin kemarin pihaknya sudah bersurat ke peserta Pemilu agar menertibkan APK masing-masing yang melanggar, Kamis kemarin juga disurati lagi, tapi karena masih tidak ada respon terpaksa ditertibkan petugas.

Sebelum penertiban pun, sudah dilakukan rapat koordinasi antar instansi terkait yang dihadiri oleh KPU Lamongan, Satpol PP, Polres Lamongan dan instansi terkait lainya.

Hasil rapat ini disepakati akan dilakukan penertiban alat peraga kampanye sebagaimana hasil inventararisir Bawaslu Lamongan dengan fokus utama pelanggaran alat peraga kampanye yang dipaku dipohon dan dipasang di lokasi yang di larang.

Fokusnya adalah menertibkan Alat Peraga Kampanye yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan. (Hanif Manshuri)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved