DPRD Jombang Target Tuntaskan 4 Raperda Sebelum 2019

Sedikitnya empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Jombang dikebut untuk segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

DPRD Jombang Target Tuntaskan 4 Raperda Sebelum 2019
SURYA/SUTONO
Sidang Parpurna Istimewa DPRD Jombang dengan agenda mendengarkan penyampaian visi-misi Bupati-Wabup Jombang periode 2018-2013, yang dihadiri Gubernur Jatim Soekarwo, Selasa (2/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Sedikitnya empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Jombang dikebut untuk segera ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Itu terungkap saat Rapat Paripurna antara pihak eksekutif dan legislatif di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang, beragenda penyampaian nota penjelasan 4 raperda, Senin malam (19/11).

Ketua DPRD Jombang, Joko Triono mengatakan, empat raperda masing-masing Raperda APBD 2019, Raperda tentang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jombang, Raperda Badan Permusyawaratan Desa, dan Raperda Pemilihan Kepala Daerah.

"Empat Raperda ini harus segera kita selesaikan," ungkap Joko Triono usai paripurna kepada TribunJatim.com.

Untuk target penyelesai, 4 Raperda tersebut, Joko menandaskan akhir Desember 2018 harus sudah tuntas dan digedok alias sahkan.

Kasus Ketua DPRD Jombang Dipidanakan Jalan Terus, Polisi Mulai Periksa Para Saksi

"Insyaallah tanggal 30 Desember sudah selesai, sekaligus APBD nya," ujarnya. Joko Triono menyebutkan, 4 Raperda itu memang sifatnya mendesak. Salah satu contohnya, Raperda tentang Badan Permusyawaratan.

"Karena 5 Desember ini masa jabatan kades sudah habis. Sehingga nanti tata cara pengisian penjabat (Pj) kades, BPDnya juga harus terbentuk. Perda ini mengatur tata cara pengisian Pj sekaligus persiapan pembentukan panitia-panitia terkait pengisian kursi kades yang kosong," paparnya kepada TribunJatim.com.

Sedangkan untuk Raperda APBD 2019, Joko menyebut ada penurunan nilai dibanding APBD di tahun anggaran sebelumnya, tetapi tidak banyak.

"Sekarang nilainya Rp 2,4 triliun. Dulu-dulu juga di kisaran segitu, turunnya hanya sedikit. Toh nanti akan ada perubahan lewat mekanisme P-APBD," terangnya.

5 Fakta Reino Barack, Mantan Kekasih Luna Maya yang Ramai Dikabarkan Dekat dengan Syahrini

Bupati Jombang Mundjidah Wahab pada nota penjelasannya, menyebut RAPBD Tahun 2019 yang disampaikan kepada legislatif mencapai 2 triliun 499 miliar 870 juta 357 ribu 923 rupiah.

"Meliputi, alokasi belanja tidak langsung sebesar 1 triliun 549 miliar 198 juta 370 ribu 736 rupiah, dan untuk belanja langsung, sebesar 950 miliar 671 juta 987 ribu 187 rupiah," terang Mundjidah. (sutono/TribunJatim.com)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved