Pemkab Jember Siapkan Dana Rp 79,21 Miliar Untuk Perbaiki Pasar Rakyat, Tujuannya ini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Terus memperbaiki sejumlah pasar rakyat di Kabupaten Jember.

Pemkab Jember Siapkan  Dana Rp 79,21 Miliar Untuk Perbaiki Pasar Rakyat, Tujuannya ini
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat sidak di Pasar Tanjung mengecek harga ayam naik, Senin (11/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember Terus memperbaiki sejumlah pasar rakyat di Kabupaten Jember.

Rehabilitasi pasar tradisional ini antara lain dianggarkan di APBD Jember tahun 2018, juga di APBD Jember tahun 2019.

Bupati Jember Faida menegaskan, rehabilitasi passar ini sebagai bentuk komitmen Pemkab Jember meningkatkan dan mendongkrak sektor perdagangan di Jember.

Untuk mendongkrak sektor perdagangan ini, ada dua hal yang dilakukan yakni perbaikan pasar rakyat atau pasar tradisional dan penataan pedagang kaki lima.

Bahkan di tahun 2019 nanti, Pemkab Jember bakal merahabilitasi 15 pasar rakyat di Kabupaten Jember tahun 2019.

Faida memaparkan ada beberapa anggaran untuk peningkatan sektor perdagangan, antara lain dengan perbaikan pasar rakyat dan penataan pedagang kaki lima.

Update Terbaru, Berikut Nama 101 Jenazah Korban Lion Air JT 610 yang Berhasil Diidentifikasi

Perbaikan pasar rakyat melalui program rehabilitasi 15 pasar rakyat, dan rehabilitasi pasar induk Jember, yakni Pasar Tanjung.

Anggaran rehabilitasi 15 pasar rakyat mencapai Rp 79,21 miliar di APBD Jember 2019. Sedangkan rehabilitasi Pasar Tanjung sebesar Rp 40 miliar.

"Jember memiliki 70 pasar tradisional se-Kabupaten Jember, antara lain terdiri atas pasar kecamatan, pasar desa, dan satu pasar induk yakni Pasar Tanjung. Tahun ini, kami hanya bisa merehabilitasi tiga pasar, dan tahun depan akan ada 15 pasar yang direhabilitasi," kata Faida kepada TribunJatim.com, Selasa (21/11/2018).

Beberapa pasar rakyat yang akan direhabilitasi tahun depan antara lain Pasar Patrang, Pasar Bangsalsari, juga Pasar Kreongan. Faida menegaskan, wajah pasar akan diperbaiki dan didesain di era kekinian. Faida menyebut pasar-pasar itu akan menjadi 'pasar jaman now'.

Untuk Pasar Tanjung, kata Faida, Pemkab Jember menganggarkan dana sebesar Rp 40 miliar untuk rehab pasar tersebut. Rehab pasar itu tidak menyentuh keseluruhan pasar.

Tersangka Prostitusi Gay Dinilai Berubah Kondisi Fisiknya, Kapolda Jatim: Kamu Kok Agak Iteman?

'Tahapan awal hanya di bagian wajah depan, dan lantai 2. Tandon air Pasar Tanjung tetap kami pertahankan karena itu bangunan heritage, dan ke depan kawasan sekitar tandon air itu akan dijadikan lokasi wisata. Tandon juga akan dilengkapi lampu supaya jika malam hari terlihat," terang Faida kepada TribunJatim.com.

Sementara itu dari pantauan TribunJatim.com, rehabilitasi Pasar Tanjung Jember sudah mulai tahun ini. Bangunan sisi selatan pasar sudah mulai dikerjakan. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved