Pemkab Madiun Kembangkan Desa Kaliabu Jadi Kampung Wisata Brem

Pemerintah Kabupaten Madiun Kembangkan Desa Kaliabu Sebagai Kampung Wisata Brem andalan.

Pemkab Madiun Kembangkan Desa Kaliabu Jadi Kampung Wisata Brem
TRIBUNJATIM/RAHADIAN BAGUS
Seorang pekerja sedang membuat Brem di Desa Kaliabu, Kabupaten Madiun. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Pemerintah Kabupaten Madiun, berencana mengembangkan sentra industri Brem di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, sebagai Kampung Wisata Brem. Rencana tersebut saat ini masih dalam taraf kajian.

Kabid Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Isbani, mengatakan Brem selama ini dikenal sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Madiun. Namun, selama ini potensi lokal ini belum digarap dengan serius.

Oleh sebab itu, pada Kamis (22/11/2018) ia mengundang 51 pengusaha Brem dan juga perangat Desa Kaliabu ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Madiun, untuk membahas rencana pembangunan Kampung Wisata Brem.

"Hari ini kami mengundang pengusaha brem dan perangkat desa. Kami akan membangun Kampung Wisata Brem, tapi saat ini masih dalam taraf kajian," katanya.

Isbani mengatakan, Pemkab Madiun  ingin sentra industri Brem di Kaliabu menjadi tempat wisata dan tempat oleh-oleh, seperti Bakpia Pathok di Jogja

"Kami ingin membuat seperti Bakpia Pathok di Jogja. Harapannya nanti wisatawan bisa datang langsung ke siru  untuk mencoba membuat, melihat langsung proses pembuatan brem, dan juga merasakan," katanya.

Dia mengatakan, saat ini ada 54 pengusaha Brem di Desa Kaliabu. Ke depan, industri Brem di Desa Kaliabu akan ditata, dan juga dibuat agat lebih higienis, sehingga wisatawan mau singgah ke Desa Kaliabu.

"Kalau sekarang masih terpencar-pencar, belum tersentral. Juga masih ada beberapa yang kurang higienis," tambahnya. (Rahadian Bagus)

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved