Kampus Surabaya

UPN Jatim Ajak Guru Bahasa Inggris Beri Target Penguasaan Bahasa Inggris Pada Siswa

Kemampuan Bahasa Inggris menjadi kunci dalam bersaing di dunia global. Sayangnya biasanya lulusan SMA tidak bisa menekuni Bahasa Inggris

UPN Jatim Ajak Guru Bahasa Inggris Beri Target Penguasaan Bahasa Inggris Pada Siswa
sulvi sofiana/surya
Native Speaker yang dihadirkan dalam workshop peningkatan kompetensi guru bahasa Inggris di hotel Novotel, Kamis (22/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kemampuan Bahasa Inggris menjadi kunci dalam bersaing di dunia global. Sayangnya biasanya lulusan SMA tidak bisa menekuni Bahasa Inggris karena lebih fokus pada jurusannya.

Kepala Pusat Bahasa dan Kantor Urusan Internasional UPN Veteran Jatim, Wulan Retno Wigati mengungkapkan mengatasi permasalahan bahasa ini, pembelajaran bahasa harus fokus pada tingkat SD hingga SMA. Khususnya di tingkat SMA yang akan menempuh pendidikan tinggi.

Untuk mewujudkan hal itu UPN Veteran Jawa Timur bekerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Kota Surabaya dalam peningkatan kompetensi guru Bahasa Inggris.

"Saya mengusulkan ada target kemampuan bahasa di tingkat SMA, sama halnya dengan di tingkat universitas yang ada targetnya di setiap level S1,S2 dan S3," ujarnya kepada TribunJatim.com di sela workshop di Novotel Hotel, Kamis (22/11/2018)..

Dengan adanya target ini, akan ada pemicu dalam belajar siswa. Hal ini dirasa tidak memberatkan karena saat lulus, siswa juga akan membutuhkan ketrampilan tambahan.

Tips Untuk Tetap Fit Selama Musim Hujan

"Kalau untuk siswa bisa pakai target level 3 JETSET (Junior English Test Senior English Test) atau setara score 300 TOEFL. Sertifikat JETSET terakreditasi LCCI (London Chamber of Comerse Industry), kalau di tingkat universitas ya level 4," urainya kepada TribunJatim.com .

Ia mengungkapkan biasanya siswa sudah tidak fokus menekuni bahasa Inggris saat lulus SMA. Karena mereka sudah terfokus pada jurusannya.

Untuk itu dalam workshop untuk guru ini akan mendiskusikan masalah siswa Indonesia yang kesulitan mempelajari Bahasa Inggris. Kemudian akan dibahas solusinya dan contoh model bahasa Inggris yang menarik.

"Biasanya melibatkan native speaker untuk model pembelajaran bahasa yang menarik ini, karena dari model tubuh saja berbeda,"candanya.

Posting Foto Berlatar Belakang Hitam, Gading Marten Angkat Bicara Soal Kabar Perceraian dengan Gisel

Pada akhir workshop,lanjutnya, diharapkan guru mampu menghidupkan pembelajaran di sekolahnya. Dan meningkatkan kemampuan siswa dalam bahasa Inggris.

Bachriyah Kurniawati, guru Bahasa Inggris SMAN 10 Surabaya mengungkapkan untuk SMA biasanya siswa antusias tetapi kadang lingkungan nggak mendukung. Selama ini siswa juga masih kesulitan menangkap bahasa inggris full bahasa. Sehingga guru harus memadukan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

"Makanya kami perlu teknik mengajar yang bisa meningkatkan tingkat percaya diri siswa. Jadi belajar bahasa Inggris tidak hanya menjadi second language, tapi siswa bisa belajar dengan aktif,"urainya.

Dalam workshop ini, ia berharap bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga bisa mendekati pembelajaran yang menarik layaknya native speaker. (Sulvi/TribunJatim.com)

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved