Rangkul ITS Surabaya, Kemenhub Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat

Sebagai upaya tindak lanjut dari MoU antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI

Rangkul ITS Surabaya, Kemenhub Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat
istimewa
Rektor ITS, Joni Hermana dan epala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenhub Umiyatun Hayati Triastuti, serta Dirjen Kelembagaan Iptek dan Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Patdono Suwignjo, saat memberikan keterangan kepada awak media. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebagai upaya tindak lanjut dari MoU antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, dilakukan kesepakatan kerja sama antara ITS dengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya di bidang pemberdayaan masyarakat, pendidikan, penelitian bersama (joint research) dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan di Rektorat ITS, Sabtu, (24/11/2018)  

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenhub Umiyatun Hayati Triastuti mengatakan, adanya kerja sama antara kementerian dan perguruan tinggi (PT) ini sebagai bagian dari tugas Unit Pelaksana Teknis (UPT), yaitu pendidikan dan pelatihan.

“MoU sudah dilakukan sebelumnya antara pak Menhub (Budi Karya Sumadi, red) dengan pak Rektor (Rektor ITS  Joni Hermana red), sebagai tindak lanjut dari program Kemenhub, yakni Diklat Pendidikan dan Pelatihan,” jelasnya.

Umiyati mengungkapkan, adanya target Diklat Pendidikan dan Pelatihan (DPM) hingga 165 ribu orang di tahun depan, membuat Menhub mengarahkan dirinya dan tim agar berkolaborasi dengan perguruan tinggi (PT) yang ada di Indonesia, salah satunya dengan ITS.

Deretan Pengakuan Gisel Soal Dirinya Gugat Cerai Gading, Tak Kenal Icha Gwen hingga Bahas #SaveGempi

“Sehingga jangan sampai ada daerah yang tertinggal dari program DPM, apalagi sampai salah sasaran,” sambungnya.

Ia menerangkan, DPM di Kemenhub ini diarahkan untuk meningkatkan kinerja safety (keselamatan) pada bidang transportasi, karena safety merupakan aspek utamanya.

BPPT Siapkan Teknologi Pembelajaran Kopi dan Cokelat di Tingkat Sekolah ‎di Banyuwangi

Selain itu, DPM ini juga sebagai pengembangan masyarakat, supaya masyarakat yang beruntung bisa mendapatkan akses pekerjaan pada bidang keahlian tertentu.

“Sehingga ketika diperlukan, masyarakat bisa membantu program ini,” ujar perempuan berkacamata ini.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved