Berikan Sensasi Berbeda Untuk Wisatawan, Taman Safari Prigen Hadirkan Wisata Berkuda

Berikan Sensasi Berbeda untuk para Wisatawan, Taman Safari Prigen Hadirkan Wisata Berkuda

Berikan Sensasi Berbeda Untuk Wisatawan, Taman Safari Prigen Hadirkan Wisata Berkuda
TRIBUNJATIM/GALIH LINTARTIKA
Wisata Berkuda di Taman Safari Prigen (TSP), Kabupaten Pasuruan. 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Taman Safari Prigen (TSP) kembali membuat inovasi untuk mendukung pariwisata di Kabupaten Pasuruan. Kali ini, TSP menyiapkan lahan 48 meter x 36 meter untuk wisata berkuda.

Jadi, tujuannya, memberikan alternatif wisatawan untuk bermain kuda di area TSP.

Wisatawan bisa berkeliling di TSP sesuai dengan area yang sudah ditentukan dengan background pemandangan Gunung Arjuna.

Ini merupakan sebuah solusi bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berbeda. Tidak jalan kaki, tapi wisatawan bisa naik kuda untuk jalan - jalan berkeliling di wilayah TSP.

Dalam hal ini, TSP bekerjasama dengan Emporium Horse Club, salah satu club riding school berkuda yang sudah tujuh tahun eksis di dalam dunia olahraga berkuda. Ini baru saja diresmikan dan wisatawan bisa menikmatinya ketika berkunjung ke TSP.

Dari data yang ada, harga yang dibanderol cukup murah. Untuk paket Horse Riding Trail, wisatawan cukup mengeluarkan uang Rp 175.000 untuk 30 menit berkeliling sejumlah area TSP.

Sedangkan Rp 100.000 untuk 3 lap dalam paket Horse Riding Fun Ride. Penawaran berkuda di dalam area TSP ini diatur dalam waktu, ada waktu pagi dan sore hari. Jadi wisatawan bisa langsung datang ke area berkuda ini.

Founder Emporium House Club Bagus Indra Prasetya menjelaskan, ide ini muncul ketika dirinya diajak salah satu pemilik TSP ini. Dirinya diajak bergabung di sini.

"Saat itu saya sempat menolak karena yang ditawarkan hanya wisata berkuda. Paadahal saya backgroundnya bergerak di bidang riding school. Tapi , setelah diskusi panjang lebar, akhirnya kami sepakati, kami buka kelas riding school dan wisata berkuda," kata Bagus, kepada Surya (Tribunjatim.com Network).

Dia menjelaskan, untuk sistem keamanan, dijamin sangat aman sekali. Ia menyebut, pihaknya mengutamakan safety riding. Artinya, keselamatan wisatawan menjadi yang nomod satu.

"Selama tour berkuda, wisatawan akan didampingi coach atau pendamping yang berpengalaman. Jadi jangan khawatir. Sebelum keliling, wisatawan akan dites lebih dulu, kalau penilaian coach tidak lulus, tur ya tidak jadi dilaksanakan. Jadi keselamatan wisatawan yang utama," katanya.

Selain itu, sebanyak 50 atlet berkuda di arena Equestrian Taman Safari Prigen hari ini mengikuti kompetisi Fun Equestrian Games 2018. Ada beberapa kategori dalam turnamen berkuda, yaitu Fun Trail Ride, Dressage, Show Jumping dan Eventing.

"Dengan adanya kompetisi Fun Equestrian Games ini, kami berharap dapat mempopulerkan olahraga equestrian khususnya di wilayah Jawa Timur. Selain itu, kami juga menawarkan wisata berkuda di kaki Gunung Arjuna,” katanya.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menuturkan dengan adanya inovasi wisata baru berkuda di Taman Safari Prigen diharapkan dapat ikut andil mempromosikan Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu destinasi tempat wisata sport.

“Potensi di Kabupaten Pasuruan memang sangat kaya. Dengan adanya Equestrian di sini, maka bisa menjadi alternatif baru bagi wisatawan yang akan pergi ke Pasuruan,” tandasnya. (Galih Lintartika)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved