Sampah Plastik Jadi Ancaman Laut, Menteri Susi Pudjiastuti Minta Satu Kapal ke Bupati Jember

Sampah Plastik Jadi Ancaman Laut, Menteri Susi Pudjiastuti Minta Satu Kapal ke Bupati Jember.

Sampah Plastik Jadi Ancaman Laut, Menteri Susi Pudjiastuti Minta Satu Kapal ke Bupati Jember
SURYA/SRI WAHYUNIK
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti meninjau bangunan pemecah ombak (break-water) di Pantai Pancer, Puger, Jember, Sabtu (24/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sampah plastik saat ini menjadi ancaman laut Indonesia. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti di hadapan ribuan nelayan saat Kongres Nelayan di Kabupaten Jember, Sabtu (24/11/2018).

"Ancaman laut dan produksi ikan saat ini ada dua yakni sampah plastik dan pencurian ikan oleh kapal asing. Dan Indonesia menjadi penyumbang sampah terbesar di laut," kata Susi.

Lanjutkan Persahabatan Orang Tua, Prabowo Subianto Hadiri Undangan Maulid KHR Cholil Asad Situbondo

Ia kemudian menceritakan seekor paus yang ditemukan mati di perairan Pulau Wakatobi dan di dalam perutnya ditemukan sampah plastik.

"Sampah itu sulit terurai, butuh ratusan tahun. Karenanya jangan membuang sampah plastik ke sungai atau laut. Juga kurangi sampah plastik," tegas Susi Pudjiastuti.

Kepada Bupati Jember, Menteri Susi meminta penyediaan satu kapal dengan satu atau dua orang untuk mengambil sampah di mulut-mulut irigasi, juga muara sungai.

Santiago Solari Jadi Pelatih Permanen, Real Madrid Langsung Kalah Telak dan Hancur Lebur Oleh Eibar

"Juga ngambilin sampah di mulut sungai yang ke laut. Juga tentunya adanya Perda tidak memakai kantung plastik lagi," tegas Susi. (Sri Wahyunik)

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved