Pondok Pesantren 4 Lantai di Gresik Runtuh, Dua Rumah Tertimpa Bangunan Ponpes

Runtuhnya bangunan pondok pesantren (Ponpes) Al Azhar empat lantai di Jalan PJKA Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik telah menimpa dua rumah

Pondok Pesantren 4 Lantai di Gresik Runtuh, Dua Rumah Tertimpa Bangunan Ponpes
(surya/Sugiyono)
AMBRUK - Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro melihat langsung kondisi ponpes yang ambruk dan menimpa rumah warga, Rabu (28/11/2018). 

 TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Runtuhnya bangunan pondok pesantren (Ponpes) Al Azhar empat lantai di Jalan PJKA Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik telah menimpa dua rumah warga.

Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersbeut, sebab para santri sudah dievakuasi sebelum peristiwa itu terjadi.

Dua bangunan yang terdmapak runtuhnya pondok Al Azhar itu yakni kantor dan gudang milik Sholik (65) dan rumah milik Ridwan.

"Sebelum kejadian, saya masih di warung kopi sama pekerja. Saat itu sekitar pukul 19.30 WIB. Baru kemudian sepuluh menit masuk rumah, tiba-tiba terdengar suara bangunan roboh. Braak," kata Sholik tetangga pondok sebelah barat kepada TribunJatim, Rabu (28/11/2018).

Bangunan Ponpes Al Azhar Empat Lantai di Desa Suci Gresik Runtuh

Setelah kejadian itu, lampu listrik langsung padam dan debu berhamburan ke sekitar rumah warga.

"Lampu listrik padam, debu berterbangan dari bangunan yang roboh. Setelah itu memastikan apakah korban jiwa atau tidak. Ternyata dipastikan tidak ada korban jiwa," imbuhnya kepada TribunJatim.

Dalam kondisi listrik padam dan gelap gulita, warga langsung menyingkirkan puing-puing bangunan yang jatuh disekitar pekarangan rumah.

Sementara Ridwan, pemilik rumah yang terkena bangunan pondok roboh mengatakan bahwa, saat kejadian istrinya sedang di dalam rumah.

"Kemudian diberi kabar petugas pondok bahwa bangunan akan roboh. Istri dengan menggendong dua putri keluar dari rumah. Dengan tubuh gemetar melihat bangunan roboh. Kemudian baru menghubungi saya," kata Ridwan, usai mengantar istri dan anaknya ke RSUD Ibnu Kabupaten Gresik.

Akibat robohnya bangunan Ponpes itu, kedua putri Ridwan dan istrinya harus dirujuk ke RSUD Ibnu Sina.

Nikahi Maia Estianty, Ini Riwayat Kekayaan Irwan Mussry, Bakat Kaya Orangtua Hingga Keringat Sendiri

"Anak saya yang terkahir terus muntah-muntah kemungkinan trauma. Ini yang membuat saya kawatir trauma, sebab anak dan istri melihat langsung bangunan itu roboh," katanya.

Akibat kerusakan dan sikap trautama keluarga Ridwan, pihak pondok pesantren menggatakan akan mengganti dan menanggung semua kerugian yang ditanggung warga.

"Warga yang terdampak sudah dibantu untuk pemulihan bangunannya," kata Syu'aib, pengurus ponpes Al Azhar. (Sugiyono/TribunJatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved