Banjir Terjang Kabupaten Jember, Rumah Warga dan Sekolah Tergenang Air

Banjir Mulai Menerjang Wilayah Kabupaten Jember dan Menyebabkan Rumah Warga dan Sekolah Tergenang Air.

Banjir Terjang Kabupaten Jember, Rumah Warga dan Sekolah Tergenang Air
TRIBUNJATIM/SRI WAHYUNIK
Kapolsek Sumberbaru Jember AKP Subagyo saat berada di lokasi banjir, Kamis (29/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Memasuki awal musim penghujan, banjir langsung melanda wilayah Kabupaten Jember, Kamis (29/11/2018), sejak pagi hingga sore. Wilayah yang tergenang banjir adalah Dusun Banjarejo Timur Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru. Namun, saat sore hari, air banjir mulai surut.

Kapolsek Sumberbaru AKP Subagyo mengatakan, banjir genangan itu merendam lima rumah dan satu sekolah. Ketinggian air antara 30 - 50 centimeter. Banjir terjadi akibat luapan air sungai yang melintasi desa setempat.

"Air kiriman dari atas semenjak sebelum Subuh tadi memang deras. Akhirnya sungai tidak bisa menampung debit air, akhirnya meluap dan menggenangi rumah warga dan sekolah," kata Subagyo kepada Surya (Tribunjatim.com Network), Kamis (29/11/2018).

Husnia Tewas Usai Dilempar Bondet Orang Misterius di Pasuruan, Diduga Buntut Masalah Sama Suami Siri

Sejak pagi hingga sore, kawasan dusun tersebut terendam air. Air sampai masuk ke pekarangan warga, lima rumah, dan satu sekolah yakni di SDN Sumberagung 3. Akibatnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN Sumberagung 3 diliburkan.

Sekitar pukul 16.00 Wib, air yang menggenangi rumah warga sudah mulai surut. "Hanya tinggal sekolah saja yang masih menunggu surut. Semoga terus tidak turun hujan sampai nanti malam agar tidak terendam terus. Sungai yang melintasi desa ini tidak kuat menampung air saat debit tinggi akibat pendangkalan," tegas Subagyo.

Kepala desa, kata Subagyo, sudah mengirimkan proposal pengerukan sungai tersebut. Namun, lanjutnya, belum ada jawaban atas permintaan pengerukan untuk pendangkalan sungai itu.

Jika kawasan itu terendam air, ada sekitar 300 warga yang terancam. Dalam banjir genangan kali ini tidak ada korban jiwa. Meski begitu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Muspika dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember.

9 Fraksi di DPRD Kompak Setujui APBD Jatim 2019 Sebesar Rp 33,4 Triliun, Ini Rincian Peruntukannya

Kepolisian meminta pihak BPBD bersiaga di kawasan itu mengingat potensi hujan deras yang diprediksi masih akan turun.

"Kami harapkan juga pendangkalan sungai itu dikeruk, untuk meminimalkan banjir di kawasan situ. Dalam waktu 1 tahun tiga bulan bertugas di Sumberbaru, sudah dua kali melihat kawasan SUmberagung terendam banjir,' tegasnya.

Selain permukiman warga, ada sekitar 20 hektare tanaman padi yang terandam banjir. Petugas juga bersiaga mengantisipasi banjir susulan dan bersiaga jika harus sampai mengevakuasi warga atau hewan ternak.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved