Sebanyak 500 ODHA Ditemukan di Jember Pada Tahun 2018

Imbauan ini disampaikan Evy ketika berbincang dengan Surya (Grup TribunJatim) menjelang Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember

Sebanyak 500 ODHA Ditemukan di Jember Pada Tahun 2018
TribunJatim.com/ Sri wahyunik
Humas RSD dr Soebandi dan Konselor HIV-AIDS dr Justina Evy Tyaswati 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Konselor HIV-AIDS di Klinik VCT (Volluntary Consulting and Testing) RSD dr Soebandi Jember dr Justina Evy Tyaswati mengimbau warga tidak menilai perilaku Orang dengan HIV-AIDS (ODHA).

Evy menyarankan orang yang suka mencela perilaku orang lain sebaiknya memeriksakan diri untuk mengetahui status kesehatan diri sendiri, terutama status HIV-AIDS.

Imbauan ini disampaikan Evy ketika berbincang dengan Surya (Grup TribunJatim.com) menjelang Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

"Saya mengimbau tidak perlu menge-judge (menilai) perilaku orang lain karena belum tentu dia lebih baik. Sedangkan bagi yang merasa berisiko tinggi sebaiknya memeriksakan statusnya, lebih baik mengetahui status HIV-AIDS diri sendiri. Jika memang diketahui positif segera lakukan pengobatan supaya aman," kata Evy, Jumat (30/11/2018).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq Ditunjuk Sebagai Ketua DPC PKB Jember

Dokter yang juga juru bicara RSD dr Soebandi itu menambahkan kasus HIV-AIDS akan terus bertambah karena temuan kasus.

Tetapi, lanjutnya, ODHA bisa tetap beraktivitas normal dengan pengawasan, konsultasi, dan hidup disiplin.

"Karena lebih baik diketahui untuk memudahkan penanganannya. Karena para prinsipnya dalam penanganan HIV-AIDS itu adalah temukan dan obati," tegas Evy.

Karenanya, para konselor HIV-AIDS di Jember juga pendamping berusaha semaksimal mungkin supaya tidak terjadi angka drop-out ODHA.

Drop-out ODHA terjadi jika selama dalam rentang waktu tiga bulan, ODHA tidak mengambil obat anti virus dan tidak diketahui keberadaannya.

Evy menyebut rata-rata per tahun sekitar 5 - 10 persen angka drop-out ODHA yang ditangani oleh Klinik VCT RSD dr Soebandi Jember.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved