Manfaatkan Daur Ulang Sampah Teknologi, Mahasiswa STTS Surabaya Pamerkan Fashion Unik

Manfaatkan Daur Ulang Sampah Teknologi, Mahasiswa STTS Surabaya Pamerkan Fashion Unik dan Menarik.

Manfaatkan Daur Ulang Sampah Teknologi, Mahasiswa STTS Surabaya Pamerkan Fashion Unik
TRIBUNJATIM/SULVI SOFIANA
Kostum buatan mahasiswa STTS berbahan sampah teknologi dalam fashion parade di lingkungan kampus, Senin (3/12/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah kostum bertema fantasi terlihat diperagakan di halaman Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), Senin (3/12/2018). Kostum-kostum itu terlihat mewah dan unik dengan potongan barang bekas teknologi terlihat menempel sebagai ornamennya sebagai bagian dari Fashion From Technology Waste.

Felencia Evellin Chianggiono (18) dan Fandy Gunawan (18), mahasiswa semester satu Desain Komunikasi Visual (DKV) STTS Surabaya beserta sembilan temannya membuat dua kostum dengan tema Luna and Soul.

Memanfaatkan kantong kresek bekas dan hanger, mereka membuat karakter bersayap pada karakter Luna. Sementara pada karakter Soil mereka membuat tanduk dari tas kresek.

Kelabuhi Masyarakat, Muslimat NU dan YAICI Rekomendasikan Iklan Produk Susu ini Segera Dihapuskan

Fandy menjelaskan, limbah teknologi yang sudah tidak digunakan dipakai sebagai efek mengkilap pada kostum. Yaitu dengan memanfaatkan potongan kepingan CD.

"Kesan mewahnya bisa didapatkan dari kepingan CD yang sudah kami potong dan ditempelkan pada rok Luna dan juga pada bahu Soul," urainya.

Sementara Dwitama Lingga (18) bersama kelompoknya membuat dua kostum dengan warna dominan hitam bertema Steampunk.

"Kami memanfaatkan bahan bekas teknologi mulai tape dan kepingan CD kami gunakan. Ada juga bahan bekas non teknologi seperti kir yang digunakan untuk muter ringnya DVD, kaca mata las bekas, ada juga filter mobil dan selang bekas vakum cleaner," tegasnya.

BREAKING NEWS - Siswa SMP di Surabaya Tewas Tenggelam di Kolam Angsa Perumahan Mewah Pakuwon Indah

Ia mengungkapkan timnya cukup kesulitan mencari ide agar bisa membuat baju dari bahan bekas. Dan proses pembuatan kostum yang belumnpernah mereka buat.

"Kami mikirnya susah juga gimana bikin dana seminim mungkin. Dua kostum kmai habis Rp 290 ribu,"urainya.

Dosen pengampu mata kuliah Rupa Dasar STTS Surabaya , Bonifacia Bulan mengungkapkan sebagai kampus teknologi, di lingkungan kampusnya sangat mudah menemukan limbah teknologi yang tidak termanfaatkan.

"Ini sebenarnya tugas mata kuliah Rupa Dasar, agar menarik minat mereka kami buat parade fashion sebagai bagian dari hasil produk mereka,"ujarnya.

Berbagai sampah teknologi yang digunakan mahasiswa ini mulai dari Potongan CD, kabel-kabel, gear mesin digunakan sebagai bahan membuat kostum ini. (Sulvi Sofiana)

Pejabat Rumah Sakit di Malang Selingkuhi Stafnya, Suami Curiga dan Aib Kasusnya Terbongkar ke Publik

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved