Sejumlah 280.770 Rokok Tanpa Cukai dan Cukai Palsu Dibakar, Negara Rugi Rp 96 Juta

Petugas Bea Cukai bersama undangan dari Polres Gresik, Kejari, Satpol PP dan tokoh masyarakat memusnahkan barang bukti rokok tanpa cukai dan cukai.

Sejumlah 280.770 Rokok Tanpa Cukai dan Cukai Palsu Dibakar, Negara Rugi Rp 96 Juta
surya.co.id/sugiyono
Petugas Bea Cukai bersama undangan dari Polres Gresik, Kejari, Satpol PP dan tokoh masyarakat memusnahkan barang bukti rokok tanpa cukai dan cukai palsu, Rabu (5/5/2018). 

Laporan Wartawan Surya.co.id, Moch. Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Ratusan ribu batang rokok tanpa cukai dan cukai palsu dimusnahkan secara dibakar di halaman Kantor Pengawasan, Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Gresik Jl Jaksa Agung Suprapto Kelurahan Sidokumpul Gresik, rABU (5/12/2018).

Ratusan ribu batang rokok tanpa cukai dan cukai palsu dimusnahkan secara dibakar di halaman Kantor Pengawasan, Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Gresik Jl Jaksa Agung Suprapto Kelurahan Sidokumpul Gresik.

Ratusan batang rokok tersebut hasil dari penindakan petugas Bea Cukai Cabang Gresik sejak Januari sampai Desember 2018.

Dari penyitaan rokok tanpa pita cukai dan pakai pita cukai palsu, diamankan barang bukti sebanyak 280.770 batang rokok.

Dari banyaknya barang bukti sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret kretek tangan (SKT) tanpa pita cukai atau pakai pita cukai palsu, negara dirugikan sebesar Rp 96 juta dari nilai barang sebesar Rp 280,7 juta.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Gresik Indra Gautama mengatakan bahwa penindakan terhadap SKM dan SKT pada 2018 ini meningkat dibandingkan 2017.

"Pada 2017, menindak SKM sebanyak 28 kali. Sedangkan tahun 2018 sebanyak 36 kali," kata Indra Gautama, didampingi Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro, Rabu (5/12/2018).

Jumlah penindakan tahun ini lebih banyak pada tahun 2014-2015 sebanyak satu juta batang SKT.

"Harapannya dengan bantuan berbagai pihak termasuk kepolisian dan Satpol PP bisa menekan angka peredaran sigaret kretek tangan tanpa pita cukai," imbuhnya.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro mengatakan bahwa untuk mendukung kinerja Kantor Bea Cukai Kabupaten Gresik, jajaran Polres akan mengerahkan pasukannya.

"Kita selalu mendukung kinerja bea cukai untuk menindak peredaran rokok tanpa cukai dan cukai palsu. Sehingga bisa mendukung pendapat pajak negara," kata Wahyu.

Penulis: Sugiyono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved