Pimpin Rapat Kerja APPSI, Pakde Karwo Bagikan Strategi Sukses Tingkatkan Perdagangan Antar Daerah

Gubenur Jatim, Soekarwo, memimpin rapat kerja Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Pimpin Rapat Kerja APPSI, Pakde Karwo Bagikan Strategi Sukses Tingkatkan Perdagangan Antar Daerah
ISTIMEWA
Gubernur Jatim, Soekarwo bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat rapat kerja APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (6/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubenur Jatim, Soekarwo, memimpin rapat kerja Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Dalam kesempatan itu, Pakde Karwo, sapaan akrabnya, berbagi strategi sukses meningkatkan perdagangan antar daerah yang dilaksanakan Jawa Timur dihadapan para gubernur se-Indonesia.

Pakde Karwo yang juga Ketua Umum APPSI ini mengatakan, melalui strategi yang tepat dan inovatif, perdagangan antar daerah yang dijalankannya meningkat 133,55 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Selain itu, neraca perdagangan antar daerah Jatim juga mengalami surplus sebesar Rp 164,49 triliun pada tahun 2017, serta surplus Rp 101,15 triliun pada semester I tahun 2018.

“Indonesia adalah negara kepulauan. Karena itu, strategi perdagangan yang kami lakukan adalah memperkuat pasar domestik dengan model ekonomi negara kepulauan,” katanya.

Raih Penghargaan di Bidang Investasi, Pakde Karwo Makin Bersemangat Kembangkan UMKM di Jawa Timur

Pakde Karwo menambahkan, implementasi dari strategi tersebut di antaranya adalah membangun 26 Kantor Perwakilan Dagang (KPD) di 26 provinsi di Indonesia.

Tujuannya yakni untuk mendukung dan memfasilitasi kerja sama perdagangan, baik antara pemerintah dengan pemerintah atau government to government (g to g), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dengan Kadin dalam bentuk business to businesss (b to b).

Untuk government to government, lanjut Pakde Karwo, pihaknya melakukan MoU dengan pemerintah provinsi lain untuk melakukan pertukaran informasi perdagangan, peningkatan pemasaran melalui KPD, pelaksanaan bidang pemasaran, fasilitasi pelaksananaan misi dagang, dan pelaksanaan kerja sama secara teknis lewat Kadin masing-masing daerah.

“Untuk b to b, dilakukan promosi kegiatan pameran dagang seperti yang dilaksanakan pada hari ini di Hotel Borobudur. Hasilnya sungguh luar biasa, sampai pukul 11.00 WIB sudah tercapai transaksi sebesar Rp 912 miliar. Kami optimistis sampai jam 12.00 WIB nanti akan tercapai transaksi Rp 1 triliun,” lanjutnya.

Pakde Karwo Sebut 3 Hal yang Perlu Dilakukan ASN untuk Tingkatkan Kualitas SDM di Tahun 2019

Halaman
123
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved