Bupati Kaji Mbing Ingin Terapkan Birokrasi Pancasila di Kabupaten Madiun

Dalam seratus hari masa kerja sebagai Bupati Madiun yang baru, Ahmad Dawami Ragil Saputro atau yang akrab disapa Kaji Mbing, fokus untuk menaikan elek

Bupati Kaji Mbing Ingin Terapkan Birokrasi Pancasila di Kabupaten Madiun
ISTIMEWA/BKD KABUPATEN MADIUN
Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro atau Kaji Mbing (paling kanan) berendam di kolam bersama kepala OPD dan camat saat mengikuti latihan di kamp Marinir, Surabaya, Jumat (2/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Dalam seratus hari masa kerja sebagai Bupati Madiun yang baru, Ahmad Dawami Ragil Saputro atau yang akrab disapa Kaji Mbing, fokus untuk menaikan elektabilitas birokrasi di Pemkab Madiun.

Sebab, kata Kaji Mbing, apabila elektabilitas birokrasi rendah, sebaik apapun pemerintah bekerja akan dinilai jelek oleh masyarakat.

Tidak hanya sekadar meningkatkan elektabilitas saja, Kaji Mbing ingin birokrasi di Kabupaten Madiun menjadi konstruksi birokrasi yang kokoh.

Bupati Madiun, juga ingin menjadikan birokrasi di Kabupaten Madiun menjadi Birokrasi Pancasila.

Untuk mewujudkan Birokrasi Pancasila, para kepala OPD Kabupaten Madiun 'digembleng'. Dimulai dengan kegiatan pelatihan karakter dasar di markas militer di kamp Pusat Latihan Pasukan Pendarat (Puslatpasrat) Marinir, Gunung Sari, Surabaya.

Selama tiga hari, dimulai pada Jumat (2/11/2018), kepala OPD dan camat di Kabupaten Madiun mengikuti pelatihan untuk memupuk rasa kebersamaan serta kecintaan terhadap NKRI.

Ditinggal Mudik Penghuninya, Rumah di Jalan Tambak Dalam Baru Asemrowo Surabaya Ludes Terbakar

Kemudian, pada Rabu (7/11/2018), Bupati Kaji Mbing mengundang Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun. Acara 'Sinau bareng Cak Nun' di Pendopo Ronggo Jumeno, Mejayan dihadiri seluruh kepala OPD dan masyarakat.

Yang terakhir, 80 pejabat termasuk para kepala OPD diajak mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Bidang Pemerintah Umum dengan materi Birokrasi Pancasila yang disampaikan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, di Jogjakarta, Minggu (2/12/2018), lalu.

Bupati Madiun, Kaji Mbing mengatakan tiga kegiatan yang dihadiri jajajaran pejabat dari Pemkab Madiun itu merupakan rangkaian kegiatan untuk memperkuat birokrasi di Kabupaten Madiun, dan mewujdukan Birokrasi Pancasila.

"Kemarin itu kelanjutan (FGD dengan Mahfud MD), jadi closing-nya di ideologi. Jadi setelah mental, karakter, ideologi," kata Kaji Mbing kepada TribunJatim, Jumat (7/12/2018).

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved