Caleg PKS Iswiyanti Sebut Pembebasan Pajak Sepeda Motor Tidak Akan Membuat Kemacetan

Caleg PKS Iswiyanti sebut pembebasan pajak sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup tidak akan membuat kemacetan

Caleg PKS Iswiyanti Sebut Pembebasan Pajak Sepeda Motor Tidak Akan Membuat Kemacetan
Istimewa/ TribunJatim.com
Iswiyanti Widyawati, caleg PKS 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Iswiyanti Widyawati menilai adanya pembebasan pajak sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup tidak akan membuat kemacetan.

Menurut Iswi, biang dari kemacetan di berbagai kota bukannya disebabkan karena roda dua melainkan dari roda empat dan kendaraan besar.

"Jadi kalau masalah kemacetan itu semestinya yang harus diatur regulasinya adalah untuk kendaraan roda 4 ke atas," kata Caleg DPR RI dari Dapil Jatim 1 ini, Jumat (7/12/2018).

E-STNK, Solusi Terbatasnya Kertas Cetak STNK dan Pengawasan Pemakaian BBM Bersubsidi

Beberapa caranya, Iswi memberi contoh dengan diadakannya pajak progresif untuk mobil, lalu persyaratan kepemilikan garasi untuk membeli mobil dan pengaturan rekayasa untuk mengurai kemacetan.

"Apalagi kalau naik sepeda motor bisa lebih cepat dan lebih dekat, karena biasanya kalau naik mobil atau kendaraan umum bisa memutar jauh dan kendaraan umum pun masih banyak yang belum memadai," ucapnya.

Selain itu, pembebasan pajak kendaraan bermotor dan pemberlakuan SIM seumur hidup tersebut bisa meringankan beban masyarakat terutama dari kalangan menengah kebawah.

"Sepeda motor itu kan hampir yang punya masyarakat menengah ke bawah jadi itu untuk meringankan dana kepengurusan SIM dan pajak kendaraan bermotor itu," ucapnya.

Namun, Iswi mengatakan untuk kepengurusan SIM sendiri, tes yang dilakukan harus benar-benar ketat.

"Karena SIM ini kan berlaku berumur hidup mirip E-KTP, jadi tesnya juga harus benar-benar sistematis dan ketat," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu (TPP) Partai keadilan Sejahtera (PKS), Almuzzamil Yusuf mengatakan akan memperjuangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) penghapusan pajak sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup jika menang pada pemilu 2019.

"Untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat dengan kenaikan Tarif Dasar Listrik dan harga pangan yang melambung, PKS akan memperjuangkan RUU penghapusan pajak sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup," ujarnya di gedung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018).

Menurutnya, terdapat 105 juta sepeda motor di Indonesia, di mana sebagian besar diantaranya adalah milik masyarakat menengah ke bawah, sehingga penghapusan tersebut dapat diharapkan akan mengurangi beban pemilik motor.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved