Jalan Sehat Unair Paket Lengkap, Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Jantung

Sudah lama saya nggak cek jantung padahal punya riwayat bermasalah dengan jantung. Kalau kayak gini jadi bisa periksa kesehatan sambil kegiatan.

Jalan Sehat Unair Paket Lengkap, Sediakan Pemeriksaan Kesehatan Jantung
SURYA/SULVI SOFIANA
Pemeriksaan Jantung pada peserta jalan sehat di halaman rektorat Unair, Minggu (9/12/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Jalan sehat kembali digelar Universitas Airlangga sebagai rangkaian Dies Natalies Unair ke- 64, Minggu (9/12/2018).

Tak hanya jalan sehat, peserta jalan sehat dari civitas akademika Unair dan masyarakat sekitar ini juga bisa mencoba berbagai pemeriksaan kesehatan.

Drg Primada, seorang peserta yang memilih untuk mengecek kondisi jantungnya setelah jalan sehat.

"Sudah lama saya nggak cek jantung padahal punya riwayat bermasalah dengan jantung. Kalau kayak gini jadi bisa periksa kesehatan sambil kegiatan kampus,"ungkapnya.

Aprilia Romdiyana mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakuktas Kedokteran Unair menjelaskan pemeriksaan jantung yang dilakukannya bersama teman-temannya merupakan skrining awal.

"Kami wawancara dulu ada riwayat dan gejala yang dirasakan atau tidak. Baru kami cek tensi dan saturasinya, kalau indikasi jantungnya bermasalah kami sarankan lanjut periksa ke rumah sakit,"ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan, beberapa teman Aprilia juga memberikan konsultasi terkait gaya hidup untuk menjaga kesehatan jantung.

"Biasanya yang punya indikasi jantungnya bermasalah saat ditensi setelah istirahat jalan sehat begini tensinya masih tinggi,"urainya.

Dekan FK Unair, Prof Soetojo mengungkapkan, jalan sehat ini rutin dilaksanakan Unair, dan tahun ini giliran FK Unair yang menjadi penyelenggara.

"Makanya senam dan jalan sehat ini kami kemas dengan pemeriksaan kesehatan yang lengkap,"urainya.

Pemeriksaan yang disediakan diantaranya pemeriksaan mata, tulang, THT, obgyn, paru-paru, jantung, tekanan darah-gula darah.

"Kalau ada kelainan akan kami berikan terapi dan dilanjutkan ke rujukan selanjutnya. Meskipun punya RS Unair,tapi masyatakat butuh pemeriksaan kesehatan yang instan untuk deteksi dini,"ujarnya.

Ia mencontohkan orang dengan kelainan jantung yang biasanya banyak bisa ditemukan dalam pemeriksaan kesehatan setelah jalan sehat.

"Orang normal, jantungnya naik saat jalan dan langsung turun. Kalau nggak sehat cepet naik nggak bisa turunnya," pungkasnya.

Pemeriksaan Jantung pada peserta jalan sehat di halaman rektorat Unair, Minggu (9/12/2018).

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved