Pemilu 2019

Sepelekan Aturan, Ratusan APK Pemilu 2019 di Jombang Diturunkan Paksa Bawaslu-Satpol PP

Setelah kami layangkan peringatan, ternyata masih sangat banyak APK terpasang di tempat yang tidak sesuai.

Sepelekan Aturan, Ratusan APK Pemilu 2019 di Jombang Diturunkan Paksa Bawaslu-Satpol PP
SURYA.CO.ID/SUTONO
Petugas Satpol PP Jombang bersama Bawaslu setempat menurunkan alat peraga kampanye yang tidak sesuai ketentuan. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Personel gabungan dari Bawaslu dan Satpol PP di Jombang, menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang tidak sesuai ketentuan, Rabu (12/12/2019).

Hasilnya ada ratusan APK yang terpampang di sejumlah tempat fasilitas umum dan dipaku serta ditali kawat di pohon-pohon lindung sepanjang jalur protokol diturunkan.

Kemendagri Pastikan Tak Ada DP4 Tambahan Yang Dimasukkan Dalam DPT Pemilu 2019

Selain di perkotaan, petugas Satpol PP di tingkat kecamatan bersama Panwaslu kecematan seluruh Kabupaten Jombang juga melakukan hal serupa, yakni menurunkan APK yang melanggar aturan.

Komisioner Bawaslu Jombang, Dafid Budianto mengatakan, penertibasn dilakukan setelah pihaknya memberikan surat peringatan kepada pengurus parpol maupun tim pemenangan kampanye agar menertibkan sendiri APK yang melanggar.

Namun, hampir tidak ada respon dari mereka, sehingga penurunkan paksa akhirnya dilakukan Bawaslu bersama jajarannya dan Satpol PP bersama jajarannya.

Persiapkan Penggiat Pemilu, KPU Lamongan Gelar Kursus Kepemiluan

"Setelah kami layangkan peringatan, ternyata masih sangat banyak APK terpasang di tempat yang tidak sesuai. Hanya sedikit sekali yang memindahkan APK ke lokasi yang diizinkan maupun menertibkan cara pemasangannya," kata Dafid.

David menyebut sekitar 9 titik dilakukan penertiban oleh Bawaslu dan Satpol PP Kabupaten. Sedangtkan Satpol PP level kecamatan dan Panwaslu kecamatan seluruh Jombang menertibakan di ratusan titik.

APK Yang melanggar tersebut, menurut Dafidm terdiri dari gambar pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden maupun calon legislatif.

Tim Prabowo-Sandi Dirikan Pos Pemenangan di Jateng, Sekjen PSI: Nama Poskonya Mengerikan

"Mayoritas APK yang melanggar ketentuan berbentuk baliho yang dipaku di pohon lindung dan fasilitas umum. Ada juga yang ditempel dikaca belakang angkutan umum. Ada ratusan yang kami turunkan," ungkap David.

Hasil penertiban itu kemudian akan dibawa ke kantor Satpol PP Jombang untuk didata dan dikumpulkan. Dia berharap, dengan upaya ini Pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang akan berjalan aman, bersih dan damai.

Menurut Dafid, penertiban terhadap APK yang melanggar ketentuan ini akan terus dilakukan secara periodik hingga pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 17 April 2019.

Penulis: Sutono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved