KPU Kabupaten Pasuruan Beri Sosialisai ke Penderita Disabilitas Mental

Makanya untuk memenuhi peraturan itu, kami memfasilitas sosialisasi ke penyandangan disabilitas di UPT Rehabilitas Sosial Bina Laras.

KPU Kabupaten Pasuruan Beri Sosialisai ke Penderita Disabilitas Mental
SURYA.CO.ID/GALIH LINTARTIKA
KPU Sosialisasikan Pemilu ke Penyandang Disabilitas 

KPU Sosialisasikan Pemilu ke Penyandang Disabilitas

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan memberikan sosialisasi ke para penderita disabilitas mental atau grahita.

Kali ini, sosialisasi dilakukan di UOT Rehabilitasi Sosial Bina Lara di Grati, Kabupaten Pasuruan, Kamis (13/12/2018) pagi.

Sebanyak 83 penderita disabilitas mental ini mendapatkan pelajaran banyak mulai dari membedakan surat suara untuk Pileg Kabupaten / Kota, Provinsi dan RI, dan Presiden, serta Wakil Presiden.

Selanjutnya, mereka diajarkan tentang cara mencoblos surat suara, melipat dan memasukkanya ke dalam kotak suara.

Setelah itu, para peserta memasukkan jarinya ke dalam tinta sebagai tanda usai menyalurkan suaranya untuk memilih.

Indra Wahyu Djatmiko, Komisioner Sosdiklih Parmas dan SDM (Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat Sumber Daya Manusia) KPU Kabupaten Pasuruan mengatakan, sosialisasi ini menindaklanjuti PKPU Nomor 11 Tahun 2018 Pasal 13 ayat 3 c bahwa penyandang Disabilitas Grahita memiliki hak untuk memilih.

"Makanya untuk memenuhi peraturan itu, kami memfasilitas sosialisasi ke penyandangan disabilitas di UPT Rehabilitas Sosial Bina Laras. Hari ini kami sampaikan semua," katanya.

Kata dia, di sini, ada 83 penyandang disabilitas grahita ini yang memiliki hak dan sah untuk menyalurkan hak memilihnya dalam Pileg tahun depan.

"Syaratnya mereka harus mengantongi surat sehat dari segi mental dan sejenisnya. Setelah itu, mereka boleh memilih. Saya kira mereka sudah memahami, apalagi sudah ada simulasi yang kami praktekkan pagi ini," pungkas dia.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved