Di Ponpes Lirboyo Kediri, Kementerian Perindustrian Gencar Cetak Santri Jadi Wirausaha

Saat ini Ponpes Lirboyo Kediri memiliki jumlah santri secara keseluruhan sebanyak 23.586 orang santri. Ponpes kini mampu mandiri dalam memenuhi kebutu

Di Ponpes Lirboyo Kediri, Kementerian Perindustrian Gencar Cetak Santri Jadi Wirausaha
(Surya/Didik Mashudi)
Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Gati Wibawaningsih menyerahkan bantuan Progam Santripreneur di Aula Al Muktamar Ponpes Lirboyo, Senin (17/12/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kementerian Perindustrian gencar menciptakan wirausaha baru di lingkungan pondok pesantren melalui program Santripreneur.

Upaya ini diharapkan lulusan pondok pesantren turut mendorong penumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) dalam rangka penguatan ekonomi nasional agar pondok pesantren siap meghadapi revolusi digital.

“Jumlah pondok pesantren dan santri yang cukup besar, pondok pesantren memiliki potensi yang strategis untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional salah satunya melalui penumbuhan wirausaha industri baru di lingkungan pondok pesantren,” harap Gati Wibawaningsih, Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) pada peresmian Program Santripreneur di Aula Al Muktamar Ponpes Lirboyo, Senin (17/12/2018).

Menurut Gati Wibawaningsih, progam Santripreneur juga bertujuan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bertalenta di lingkungan ponpes. Sehingga dapat menjadi bekal para santri untuk belajar mandiri dan berwirausaha sebelum terjun ke masyarakat.

Jelaskan Napi Korupsi Boleh Nyaleg, Komisioner KPU Jatim Tegaskan Pemerintah Tak Pro Koruptor

“Mereka bisa menjadi agen pengembangan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Kementerian Perindustrian telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuh kembangkan semangat kewirausahaan di kalangan santri maupun alumni santri.

Dijelaskan, model penumbuhan wirausaha industri baru dan pengembangan unit industri di lingkungan pondok pesantren dikenal dengan program Santri Berindustri.

Program ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan unit industri dan wirausaha industri baru di pondok pesantren melalui pengembangan unit industri yang telah ada dan menumbuhkan unit industri baru serta pengembangan sumber daya manusia pondok pesantren menjadi wirausaha industri baru melalui kompetensi teknis produksi, jejaring, dan manajemen.

Dijelaskan, program Santri Berindustri pada periode kedua tahun ini, Kementerian Perindustrian telah menyelenggarakan beberapa bimbingan teknis yang disertai dengan fasilitasi bantuan mesin dan peralatan di Ponpes Lirboyo.

Maia Estianty Nonton Konser Paul McCartney The Beatles di Area Khusus, Ini Kisaran Harga Tiketnya

Ada bimbingan teknis dan bantuan mesin serta peralatan pengolahan daur ulang sampah. Bantuan mesin dan peralatan Depo Air Minum Isi Ulang dan bimbingan teknis dan bantuan mesin dan peralatan di bidang pengolahan roti.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved