Musim Hujan, Penjualan Spare Parts Sepeda Motor MPM Menurun

Part Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Parts), Hari Subagiyo mengatakan, penjualan spare parts sepeda motor dua bulan di akhir 2018 menurun

Musim Hujan, Penjualan Spare Parts Sepeda Motor MPM Menurun
TRIBUNJATIM.COM/AULIA FITRI HERDIANA
Part Division Head MPM Honda, Hari Subagiyo menujukkan spare part Honda. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Memasuki musim hujan di akhir tahun, rupanya memberikan dampak tersendiri terhadap penjualan spare parts sepeda motor.

Part Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Parts), Hari Subagiyo mengatakan, penjualan spare parts sepeda motor dua bulan di akhir 2018 sempat mengalami penurunan.

"Dua bulan ini agak parah karena faktor cuaca atau musim hujan, sehingga banyak yang menunda penggantian spare parts," katanya kepada TribunJatim.com, Senin (17/12/2018).

Hari menyebut, penjualan spare parts di MPM pada November lalu turun sebesar 20 persen.

Penjualan Spare Part MPM Tembus 18 Persen di Tahun 2017, Oli Jadi Kontributor Terbesarnya

Penurunam ini terjadi terutama jenis produk ban.

Namun menurutnya, Desember ini kondisi penjualan spare parts sudah mulai recovery bahkan, sudah mulai tumbuh hampir mencapai 13 persen.

"Pertumbuhan di Desember ini masih ditopang spare parts oli dengan porsi 30 persen dan ban mencapai di atas 10 persen," jelasnya.

Pihaknya optimistis di akhir tahun hingga 2019 nanti penjualan spare parts akan terus tumbuh mencapai di atas 13 persen lebih.

Pangsa Pasar 2018 Naik 5 Persen, MPM Tambah 3 Toko Spare Parts di Jawa Timur

Satu di antara upaya untuk mencapai targetan itu, kata Hari, pihaknya akan memaksimalkan market dengan melengkapi spare parts di masing-masing AHASS atau bengkel resmi Honda.

Mengingat kebutuhan spare parts ketika musim hujan, penggantian ban dinilai paling banyak dipilih konsumen sehingga pihaknya akan memanfaatkan momen tersebut.

"Di AHASS juga ada Pit Express, nah ini kami edukasi juga dan ketersedian spare parts kami lengkapi. Karena konsumen kalau mencari spare parts di AHASS hanya tinggal ganti saja, tak perlu antre," pungkasnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved