Pengusaha Truk di Jatim Akui Batasan Operasional Mobil Barang Jelang Nataru Berimbas ke Pendapatan

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DPD Jatim mengakui aturan lalu lintas operasional mobil barang jelang Nataru berimbas pada pendapatan.

Pengusaha Truk di Jatim Akui Batasan Operasional Mobil Barang Jelang Nataru Berimbas ke Pendapatan
M Sudarsono/Surya
Petugas polisi melakukan pengaturan arus lalu lintas truk di titik jalan Manunggal selatan ke utara 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) DPD Jatim mengakui aturan lalu lintas operasional mobil barang jelang Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru) berimbas ke pendapatan.

Sekretaris DPD Aptrindo Jatim, Eddo Adrian Wijaya menungkapkan, pada dasarnya risiko yang didapat pengusaha truk ketika larangan operasional diberlakukan ialah pendapatan berkurang.

Dia menjelaskan, penurunan pendapatan tersebut tergantung kepada masing-masing anggota karena beberapa di antaranya ada yang tidak turun, ada pula turun hingga 100 persen.

"Karena kami ada yang hanya satu rute saja ngangkutnya, nah itu secara otomatis turun 100 persen. Kalau yang ngangkutnya dua rute atau lebih itu bermacam-macam, kisarannya rata-rata turun 25 persen - 50 persen," jelasnya kepada TribunJatim.com, Selasa (18/12/2018).

Batasi Operasional Mobil Barang Jelang Nataru, Pengusaha Truk di Jatim Siap Ikuti Aturan

Namun imbas tersebut, lanjut Edo, biasanya berlangsung sekitar 7 - 10 hari atau menjelang Natal hingga perayaan Tahun Baru.

Setelah itu, kondisi nomal dan operasional berjalan seperti semula.

Meski demikian, pihaknya bersama 70 pengusaha truk yang tergabung di Aptrindo Jatim menyatakan siap mengikuti aturan lalu lintas operasional mobil barang jelang Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

"Kami persiapannya mengikuti aturan semuanya. Di Jatim ini tidak begitu ketat karena hanya jalan-jalan tertentu saja yang ditutup dan lebih sedikit dibandingkan di Jakarta," pungkasnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved