Dua Triwulan, Guru di Magetan Belum Terima Uang Sertifikasi

Ribuan guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Magetan belum terima dana sertifikasi selama dua triwulan. Padahal ribuan guru itu sudah ditodong untuk tanda

Dua Triwulan, Guru di Magetan Belum Terima Uang Sertifikasi
SURYA/SRI WAHYUNIK
Ribuan guru tidak tetap (GTT) menggelar demonstrasi di depan Kantor Pemkab Jember, Senin (26/11/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Ribuan guru TK, SD dan SMP di Kabupaten Magetan belum terima dana sertifikasi selama dua triwulan. Padahal ribuan guru itu sudah ditodong untuk tandatangan dua triwulan, yakni triwulan ketiga, dan keempat.

"Tidak semua belum terima, saya dikabari sudah ada yang terima, tapi satu, triwulan ketiga. Padahal kan tandatangan dua. Kalo aku belum terima satu pun," kata seorang guru SMP ini kepada Surya, Rabu (19/12/2018).

Menurut sumber, dari temannya yang mendapat sertifikasi di sekolah yang berjumlah sekitar 20 orang, baru empat orang guru yang sudah mendapat dana sertifikasi itu. Lainnya sampai kini belum mendapat kabar.

"Teman saya yang sudah terima baru empat orang, itu pun baru triwulan ketiga. Terus triwulan keempat uangnya dikemanakan, kita kan sudah tandatangan dua triwulan," kata guru berkumis tipis ini kepada TribunJatim.com.

Penyaluran dana sertifikasi, lanjutnya, lewat tiga bank negeri, BRI, BNI dan Bank Jatim. Yang terima lewat BRI sudah banyak yang cair, tapi baru satu triwulan ketiga, sedang yang lewat BNI dan Bank Jatim, banyak belum cair.

"Saya dan teman teman yang belum cair, terima lewat BNI. Kabarnya yang lewat Bank Jatim juga banyak yang belum cair. Hanya BRI ada yang sudah cair," katanya kepada TribunJatim.com.

Polres Mojokerto Bongkar Bisnis Penimbunan dan Pendistribusian BBM Bersubsidi

Jalan Gubeng Surabaya Ambles, RS Siloam Akui Hanya Sebagai Penyewa Bangunan

Pria Muntilan dan Istri Bulenya Akan Hadir di Brownis Trans TV, Simak Tanggal dan Jam Tayangnya!

Ketua PGRI Kabupaten Magetan Nursalim, membenarkan banyak guru yang mengeluh belum diterimanya dana sertifikasi untuk triwulan ketiga dan keempat. Bahkan sejumlah guru itu juga mengutarakan sudah menandatangani pencairan dana dua triwulan itu.

"Memang ada guru yang mengeluh belum terima dua triwulan dana sertifikasi itu. Namun, ada beberapa guru yang mengaku, sudah ada yang menerima pencairan dana sertifikasi triwulan ketiga,"kata Nursalim.yang juga Kasek SMPN 2 Magetan ini kepada TribunJatim.com, Rabu (19/12-2018).

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan Djoko Santoso, yang hendak dikonfirnasi tidak ada ditempat, sedang dinas luar kota, sejak Senin (17/12-2018) lalu.

Sesuai data di Dikpora setempat, total guru mulai TK, SD dan SMP yang menerima dana sertifikasi yang masuk pos anggaran DAK non fisik total berjumlah sebesar 3.728 orang guru. Dari jumlah itu sebagian kecil sudah nenerima dana sertifikasi triwulan ketiga. Sedang dana sertifikasi triwulan keempat belum cair. (Doni Prasetyo/TribunJatim.com)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved