Kontribusi UMKM ke PDRB Sangat Besar, Pemprov Jatim Target 27 Ribu UMKM Masuk Marketplace Digital

Kontribusi UMKM ke PDRB Sangat Besar, Pemprov Jatim Target 27.000 UMKM Masuk Marketplace Digital

Kontribusi UMKM ke PDRB Sangat Besar, Pemprov Jatim Target 27 Ribu UMKM Masuk Marketplace Digital
TRIBUNJATIM/SUGIHARTO
Kepala Disperinfag Jatim Drajat Irawan saat memberikan pemaparan terkait kebijakan Pemprov untuk mendorong UMKM berdaya saing di era industri 4.0 dalam bincang bisnis di Surabaya, Rabu (19/18/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemprov Jatim di tahun 2019 mentargetkan 27.000 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masuk ke marketplace digital.

Hal itu diungkapkan Kepala Disperindag Jatim Drajat Irawan, disela kegiatan bincang usaha "Memenangkan UMKM di Era Digital 4.0," Rabu (19/12/2018) di ballroom Hotel Santika premiere Surabaya.

"Target Pemprov Jatim dan Pak Gubenur, di tahun 2019 adalah 27.000 UMKM masuk Marketplace digital. Sementara hingga akhir tahun 2018 ini, ditargetkan 1.200 UMKM bisa masuk ke pasar digital ekspor," jelas Drajat Irawan

Menurut Drajat, potensi UMKM di Jatim sangat besar dan berhasil memberi kontribusi yang tinggi pada pendapatan domestik regional bruto (PDRB) Jatim. 

Ketua DPRD Surabaya Armuji Sebut Permainan Perizinan Proyek Jadi Pemicu Jalan Gubeng Surabaya Ambles

Number One Semua, Pemprov Jawa Timur Raih Dana Rakca Award Gold dari Presiden

Bahkan secara nasional, kontribusi di Jatim mencapai 20 persen. Nomor dua setelah DKI Jakarta. "Ini membuat Jatim mentargetkan bisa menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 di masa mendatang mulai saat ini," tegas Drajat Irawan

Di penghujung tahun 2018 ini, pihaknya juga menyiapkan langkah Warung Digital yang akan dimulai pada Natal 2018. 

"Warung digital ini akan kami uji cobakan dengan menggandeng Bulog. Yaitu menyediakan produk pokok secara online dengan harga yang lebih murah," tandas Drajat.

Selain Kepala Disperindag Jatim Drajat Irawan, dalam acara yang digelar oleh Harian Surya, Surya.co.id, Tribunjatim.com dan didukung oleh Bank UMKM, SKK Migas Jabanusa serta Exxonmobil itu, juga memaparkan kebijakan Pemprov Jatim dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Koperasi dan UKM). (Sri Handi lestari)

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved