Diberi Tantangan, Mahasiswa PBSI Universitas PGRI Madiun Pilih Lakon Nggayuh Panguwasa

Diberi Tantangan, Mahasiswa PBSI Universitas PGRI Madiun Pilih Lakon Nggayuh Panguwasa dan Pisang Rongolawe.

Diberi Tantangan, Mahasiswa PBSI Universitas PGRI Madiun Pilih Lakon Nggayuh Panguwasa
TRIBUNJATIM/IST
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Madiun, Dwi Rohman Soleh. 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Madiun akan menggelar pentas drama tunggal produksi 5B, Jumat (21/12/2018) malam, di Gedung Serba Guna Kelurahan Kanigoro, Kartoharjo, Kota Madiun.

Pentas drama tunggal mengangkat naskah karya RM Contreng berjudul Nggayuh Panguwasa, dengan sutradara Riza Ahmad Rifa'i ABP dan penata musik Cecep Budaya. 

"Pementasannya akan dimulai pukul 19.00 WIB," ujar Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Madiun, Dwi Rohman Soleh, dalam siaran tertulis ke TribunJatim.com, Kamis (20/12/2018).

Number One Semua, Pemprov Jawa Timur Raih Dana Rakca Award Gold dari Presiden

Menurut Dwi Rohman, pentas drama tunggal tersebut dibuat oleh para mahasiswa semester 5 sebagai bagian dari ujian akhir matakuliah Kajian dan Apresiasi Drama.

"Tujuannya, memberikan pengalaman sekaligus tantangan kepada mahasiswa untuk berproses dalam membuat karya pementasan drama," jelasnya.

Namun, karena mahasiswa kuliah di Madiun, dirinya, kata Dwi Rohman Soleh selaku pengampu matakuliah Kajian dan Apresiasi Drama meminta agar para mahasiswanya menampilkan dan mengangkat drama berdasarkan cerita lokal yang ada dan berkembang di masyarakat Madiun.

"Menampilkan cerita lokal itu kita anggap sangat penting, sebagai wujud mengenalkan dan mengangkat budaya serta kearifan lokal," tegas alumni Universitas Negeri Malang (UM) ini.

Dapatkan Hadiah Voucher Gramedia hingga Rp 500.000 dengan Berbagi Cerita Liburan Kamu

Sehari sebelumnya, Rabu (19/12/2018) malam, juga telah dipentaskan drama tunggal produksi PBSI 5A berjudul Risang Ronggolawe karya Agus Widodo, di Gedung Serba Guna Kelurahan Kanigoro, Kartoharjo, Kota Madiun.

Pentas drama tersebut disutradari Nikita Faradina dengan penata musik Cecep Budaya. 

"Alhamdulillah, ternyata anak-anak bisa. Pementasannya sukses dan animo dari penonton cukup luar biasa," tandas Dwi Rohman Saleh. (TribunJatim/Mujib Anwar)

Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved