Dampak Signifikan Tersambungnya Tol Trans Jawa, Macet di Simpang Bangjuri Terurai

Yakni terurainya kemacetan di Simpang Bangjuri (Jombang-Nganjuk-Kediri) atau kerap disebut simpang Mengkreng. Lokasi ini merupakan simpang tiga.

Dampak Signifikan Tersambungnya Tol Trans Jawa, Macet di Simpang Bangjuri Terurai
SURYA.CO.ID/SUTONO
Gerbang Tol (GT) Bandar di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang yang lengang. GT Merupakan akses keluar tol ke jalan arteri yang menuju Simpang Bangjuri 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Tersambungnya ruas tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya, terutama ruas Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) dengan Ruas Tol Solo-Kertosono (Soker) berdampak signifikan pada arus lalu lintas di Jombang, Jawa Timur, saat musim liburan.

Yakni terurainya kemacetan di Simpang Bangjuri (Jombang-Nganjuk-Kediri) atau kerap disebut simpang Mengkreng. Lokasi ini merupakan simpang tiga yang meliputi wilayah Jombang, Kabupaten Nganjuk dan Kediri.

Setidaknya dibuktikan dengan arus lalulintas di Gerbang Tol (GT) Bandar yang berada di Desa Kayen Kecamatan Bandarkedungmulyo, Senbin (24/12/2018).

Jangan Takut Kehabisan BBM di Tol saat Mudik Natal dan Tahun Baru, Pertamina Siapkan BBM Kemasan

GT Bandar yang merupakan akses keluar tol Jomo ke jalan arteri Surabaya-Madiun, yang menuju Simpang Bangjuri, hingga saat ini jumlah arus kendaraan tergolong lengang.

Padahal, sebelum tol Jom dan Soker tersambung, setiap akhir pekan GT terjadi antrean kendaraan cukup panjang. Antrean kendaraan di pintu keluar tol Bandar ini berakibat kemacetan arus lalu lintas di simpang Bang Juri.

Ini terjadi karena GT Bandar ini sebelumnya merupakan akhir ruas Tol Jomo di wilayah barat, sehingga kendaraan tujuan Nganjuk, Madiun, Yogyakarta harus keluar di GT Bandar, dan harus melintas Simpang Bangjuri.

Namun kini dengan tersambungnya Tol Jomo dengan Tol Soker, GT Bandar sudah bukan lagi merupakan akhir ruas tol Jomo di sebelah barat.

Jalan Mayjen Sungkono Terpantau Sepi, Arah Mall Surabaya Barat Ramai dan Cuaca Gerimis

Maka, kendaraan tujuan Madiun, Yogyakarta, Solo dan sebagainya bisa langsung ke arah tol Soker tanpa harus melewati GT Bandar, yang dengan demikian juga tidak perlu melintasi simpang Bangjuri yang biasanya macet parah saat musim libur.

Pengawas GT Bandar, Tri Agus Setiawan membenarkan berkurangnya jumlah kendaraan yang melewati GT Bandar ini dari arah Surabaya atau timur.

Kini yang keluar di GT ini rata-rata pengguna tol untuk tujuan Kediri, atau tujuan Jombang sendiri, yang tidak perlu melwati simpang Bangjuri.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved