Permudah Wisatawan, Kini ada Aplikasi Banyuwangi Festival

Untuk mempermudah wisatawan yang berlibur, Pemkab Banyuwangi membuat aplikasi berbasis android, 'Banyuwangi Festival'.

Permudah Wisatawan, Kini ada Aplikasi Banyuwangi Festival
SURYA/HAORRAHMAN
Para kusir dokar saat melakukan tradisi Puter Kayun Banyuwani, yang diangkat ke Banyuwangi Festival?, Selasa (4/7/2017). 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Untuk mempermudah wisatawan yang berlibur, Pemkab Banyuwangi membuat aplikasi berbasis android, 'Banyuwangi Festival'.

Melalui aplikasi tersebut wisatawan bisa mengetahui jadwal lengkap Banyuwangi Festival (B-Fest) tiap bulannya.

"Sekarang kalau mau mengetahui jadwal lengkap B-Fest bisa melalui aplikasi," kata Ketua Sekretariat B-Fest, Dwi Marhen Yono, Jumat (28/12).

Marhen mengatakan, melalui aplikasi tersebut tiap bulannya tertera nama event, jadwal pelaksanaan, lokasi pelaksanaan, beserta deskripsi umumnya.

"Dengan aplikasi ini wisatawan bisa melihat di bulan tersebut ada event B-Fest apa saja, sehingga mereka bisa menentukan kapan ke Banyuwangi," kata Marhen kepada TribunJatim.com.

Menurut Marhen setiap bulan selalu ada event B-Fest yang digelar. Mulai dari event budaya, olahraga, musik, keagamaan, dan lainnya. Dengan aplikasi tersebut wisatawan bisa memilih event sesuai selera atau hobi mereka.

Menurut alumni STPDN tersebut, B-Fest tahun depan banyak menjaring para penghobi. Event yang berkaitan dengan penghobi di berbagai bidang diperbanyak tahun ini.

Perayaan Malam Tahun Baru 2019 Menurut Zodiak, Leo Pesta Heboh, Cancer di Kasur Saja, Libra Chillin

Jelang Tahun Baru 2019, Polres Bangkalan Larang Bengkel Layani Pemasangan Knalpot Brong

Mbak You Sebut Ada 2 Tokoh Dunia Hiburan yang Meninggal Dunia Tahun 2019, Ini Inisialnya

Seperti para penghobi lari. Apabila tahun sebelumnya hanya ada Ijen Green Run, di 2019 event lari diperbanyak. Marhen mengatakan berdasarkan survey, olahraga dan budaya menjadi minat generasi milenial.

"Itulah yang membuat event sport tourism dan budaya diperbanyak tahun depan," tambah Marhen kepada TribunJatim.com.

Banyuwangi telah meluncurkan terdapat 99 event dalam rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) di sepanjang 2019. Dari 99 event tersebut terdapat tiga event yang masuk dalam 100 calender of event (CoE) Wonderful Indonesia, Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Jumlah event B-Fest di 2019 meningkat dari 2018 yang terdapat 77 event. Dari 99 event di B-Fest 2019, tiga di antaranya masuk CoE Wonderful Indonesia.

Tiga event tersebut adalah Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI), dan Gandrung Sewu.

Anas berterima kasih kepada Kemenpar yang telah memilih tiga event dari B-Fest masuk dalam kalender Wonderful Indonesia. (haorrahman/TribunJatim.com).

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved