Natal dan Tahun Baru

Jelang Tahun Baru 2019, Polres Jombang Sita Ratusan Motor Berknalpot Brong dan Modifikasi

Satlantas Polres Jombang menyita ratusan knalpot sepeda motor yang menyimpang dari standar pabrikan alias knalpot brong.

Jelang Tahun Baru 2019, Polres Jombang Sita Ratusan Motor Berknalpot Brong dan Modifikasi
SURYA/SUTONO
Ratusan knalpot brong beserta motor yang diamankan Polres Jombang, Senin (31/12/2018) sore. 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Satlantas Polres Jombang menyita ratusan knalpot sepeda motor yang menyimpang dari standar pabrikan alias knalpot brong, Senin (31/12/18) sore.

Ratusan knalpot brong itu berasal dari berbagai jenis sepeda motor yang telah dimodifikasi tidak sesuai standar pabrikan.

Beserta motornya, knalpot brong diamankan polisi dari empat tempat berbeda dalam rangkaian pengamanan perayaan malam Tahun Baru 2019.

Kepada pemiliknya, petugas memberikan tindakan berupa surat tilang (bukti pelanggaran) dan mewajibkan mereka mengganti knalpot tersebut dengan standar aslinya.

Kasatlantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, upaya ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Jombang pada saat merayakan malam pergantian tahun. 

Jelang Tahun Baru, 28 Motor Knalpot Brong Disita Tim Gabungan Polsek Wonokromo-Polrestabes Surabaya

Penyitaan tersebut sengaja dilakukan untuk memberi contoh dan efek jera kepada pemilik kendaraan lain yang tidak sesuai spesifikasinya.

Sebab, suara bising knalpot brong dinilai mengganggu kenyamanan pengguna jalan maupun masyarakat sekitarnya.

"Ini ada seratus lebih sepeda motor yang telah kami amankan, seluruhnya telah dimodifikasi tidak sesuai standarnya, kami amankankan setelah ada informasi anak muda yang suka bleyer-bleyer," ujar Inggal.

Inggal menjelaskan, bagi yang kena tilang, polisi mewajibkan mereka membawa onderdil asli yang sesuai staNdarnya untuk kemudian dipasang kembali.

mereka juga akan diberikan berita acara untuk kesediannya menyerahkan knalpot brong tersebut kepada petugas.

"Kami imbau yang knalpot brong agar dikembalikan standarnya. Setelah tanggal 1 Januari 2019 bisa diambil dengan membawa knalpot asli dan bayar denda tilangnya," jelasnya.

Jelang Tahun Baru 2019, Polres Bangkalan Larang Bengkel Layani Pemasangan Knalpot Brong

Inggal mengakui, larangan penggunaan knalpot brong ini hanya dilakukan selama malam tahun baru saja.

Selanjutnya, ke depan polisi akan terus melakukan pembinaan.

"Selain knalpot brong, kami juga sita motor yang tidak standar lainnya. Seperti protolan, ban diganti yang kecil dan modif lain," pungkasnya.(uto/sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Ani Susanti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved