Natal dan Tahun Baru

Libur Natal dan Tahun Baru 2019 Dongkrak Konsumsi Avtur Sekitar Empat Persen

Konsumsi bahan bakar pesawat udara (avtur) mengalami peningkatan saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 untuk area Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Libur Natal dan Tahun Baru 2019 Dongkrak Konsumsi Avtur Sekitar Empat Persen
TRIBUNJATIM.COM/IST
Pengisian avtur di pesawat saat berada di Bandara Juanda Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Konsumsi bahan bakar pesawat udara (avtur) mengalami peningkatan saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 untuk area Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, Ibnu Chouldum mengatakan, konsumsi avtur di masa liburan tersebut mengalami lonjakan sekitar empat persen atau 4.070 kilo liter dibanding tahun lalu sekitar 3.900 kilo liter.

Menurutnya, kenaikan konsumsi avtur disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang sudah berpindah dari moda transportasi darat ke pesawat terbang.

Jangan Takut Kehabisan BBM di Tol saat Mudik Natal dan Tahun Baru, Pertamina Siapkan BBM Kemasan

Jelang Akhir Tahun 2018, OPPO Indonesia Hadirkan F9 Varian Warna Baru Jade Green

"Banyak penerbangan ekstra flight yang dilakukan maskapai saat Natal dan Tahun Baru ini sehingga cukup mengembirakan masyarakat. Selain itu daya beli masyarakat juga mulai membaik sehingga lebih memilih pakai pesawat dibanding kena macet di jalan," tuturnya melalui keterangan resminya, Selasa (1/1/2019).

Ibnu Chouldum menjelaskan, puncak kenaikan konsumsi avtur tertinggi terjadi pada saat menjelang Natal, yaitu tanggal 21 Desember 2018 dengan total konsumsi mencapai 4.645 kilo liter dan juga saat long weekend akhir tahun.

Realisasi konsumsi avtur pada 20 Desember itu di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda Surabaya mencapai tingkat konsumsi tertinggi dengan angka penyaluran 1.340 kilo liter.

BUMN Perkuat Kemitraan dengan Warga Kembangkan Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Prediksi Tren Smartphone 2019, Warna Lebih Berani dan Desain Layar Penuh Rasio 18:9

Sementara di DPPU Ngurah Rai Bali dengan angka penyaluran 2.800 kilo liter.

"Kebutuhan avtur yang cukup tinggi ada di bandara-bandara tujuan wisata, seperti Ngurah Rai Bali dan Labuan Bajo. Yang paling besar peningkatannya ada di bandara Bali," jelasnya.

Selama masa libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina MOR V pun telah melakukan antisipasi kenaikan konsumsi avtur dengan menyiapkan armada pengisian avtur ke pesawat di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda Surabaya sebanyak 10 refueller dan 6 hydrant dispenser serta di DPPU Ngurah Rai Bali 6 refueller dan 6 hydrant dispenser.

Resolusi Tahun Baru 2019, Ini Harapan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk Warganya

Kai EXO dan Jennie BLACKPINK Dikabarkan Berpacaran, Ini Foto-foto Kebersamaan Mereka

"Kami juga menyiapkan beberapa langkah antisipatif yang dilakukan oleh tim aviasi, yakni memastikan ketersediaan stok avtur di Terminal BBM, serta menjaga stok avtur di 13 DPPU di wilayah MOR V," tuturnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved