Lahan Warga Remen dan Mentoso Alot Dilepas Untuk Kilang Minyak, Pertamina Opsikan Pindah Lokasi

Pertamina, bersama Pemkab Tuban dan Pemprov Jatim kembali menggelar sosialisasi terkait rencana pembangunan kilang minyak New Grass Root Refinery.

Lahan Warga Remen dan Mentoso Alot Dilepas Untuk Kilang Minyak, Pertamina Opsikan Pindah Lokasi
SURYA.CO.ID/M SUDARSONO
Suasana sosialisasi perencanaan pengalihan lahan kilang minyak Pertamina-Rosneft 

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Pertamina, bersama Pemkab Tuban dan Pemprov Jatim kembali menggelar sosialisasi terkait rencana pembangunan kilang minyak New Grass Root Refinery (NGRR).

Sosialisasi dilakukan di dua tempat, yaitu di balai Desa Sumur geneng dan pendopo Kecamatan Jenu, Rabu (9/1/2019).

Dalam sosialisasi ini terdapat perubahan tempat dari rencana awal, namun masih sebatas wacana.

Dari titik awal pembangunan kilang minyak Pertamina-Rosneft yang ditempatkan di Desa Remen dan Mentoso, kini akan dialihkan di empat Desa, yaitu Wadung, Kaliuntu, Sumurgeneng dan Rawasan.

"Ini masih sebatas opsi, ini juga sosialisasi pertama yang melibatkan empat Desa yang masuk rencana baru," Kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban, Rohman Ubaid.

Kilang Minyak Akan Dibangun di Tuban, Warga Masih Tolak Bebas Lahan, Pertamina Pakai Opsi Reklamasi

Mantan Camat Jenu itu menjelaskan, adapun alasan dialihkan karena sampai saat ini warga Remen dan Mentoso masih belum mau melepas lahannya, sesuai yang dibutuhkan proyek kilang dua nnegar, Indonesia dan Rusia.

Di rencana awal, lahan yang dibutuhkan sekitar 548 hektar, meliputi lahan 348 hektar milik KLHK dan 200 hektar milik warga Remen dan Mentoso.

Sedangkan di rencana yang baru ini, lahan yang dibutuhkan 841 hektar, yang terdiri milik KLHK 348 hektar dan 493 hektar milik warta empat Desa.

"Ini baru opsi dan kita sosialisasikan, karena warga Remen dan Mentoso masih belum mau menjual lahannya. Yang kita undang sosialisasi yaitu warga Desa Wadung, Kaliuntu, Sumurgeneng dan Rawasan," Pungkasnya.

Penulis: M Sudarsono
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved