Setelah Sepekan, Pencarian Alvi Kurniawan Pendaki Boyolali Hilang di Gunung Lawu Dihentikan

Tim Gabungan BPBD dan Basarnas hentikan pencarian Alvi Kurniawan pendaki asal Boyolali yang dilaporkan hilang di Gunung Lawu, Selasa (1/1/2019).

Setelah Sepekan, Pencarian Alvi Kurniawan Pendaki Boyolali Hilang di Gunung Lawu Dihentikan
ISTIMEWA
Alvi Kurniawan pendaki Gunung Lawu asal Boyolali yang dilaporkan hilang, Selasa (1/1/2019), foto terakhir dengan baju yang sama, tanpa jaket dan membawa bekal, saat muncak (naik gunung) Gunung Lawu, Senin (31/12/2018) lalu. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Tim Gabungan BPBD dan Basarnas hentikan pencarian Alvi Kurniawan pendaki asal Boyolali yang dilaporkan hilang di Gunung Lawu, Selasa (1/1/2019).

"Sesuai SOP kami hentikan pencarian pendaki yang dilaporkan hilang di puncak Gunung Lawu, sepekan lalu, selebihnya kami lakukan monitoring,"kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra kepada Surya, Rabu (9/1/2019).

Menurut Fery Yoga Saputra, mulai Minggu (6/1/2019) kemarin, pencarian langsung dipimpinan Basarnas Solo untuk operasi pencarian dan penyelamatan atau SAR-nya.

"Penghentian pendaki yang dilakukan BPBD dan Basarnas itu sudah sesuai prosedur tetap (protap) batas pencarian sampai tujuh hari,"lanjut Fery.

Dikatakan Fery , berdasarkan hasil pelacakan GPS dari handphone Alvi Kurniawan sesaat setelah dilaporkan, sinyal GPS yang dipancarkan dari handset terlapor berada di wilayah Pos 5.

Pendaki Boyolali Dilaporkan Hilang di Gunung Lawu Sejak Selasa, Kondisi di Puncak Kini Hujan & Badai

"Sesuai petunjuk GPS dari HP korban yang dimonitor Tim SAR dari BPBD maupun Basarnas Solo, terakhir terpancar dari wilayah Pos 5,"jelas putra politikus senior Magetan Prayoga Prayitmo ini.

Seperti diberitakan Alvi Kurniawan, pendaki asal Boyolali ini naik ke puncak Gunung Lawu bersama enam temannya dari pintu pendakian Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (31/12/2018) sekitar pukul 08.00.

Keenam teman satu tim-nya yaitu Wahyu Candra, Supriyanto, Janika, Khairul Anam, Irma Anjarwati, dan Ramadhan Fitriya.

Rekan-rekannya ini sudah turun sepekan lalu, yang kemudian melapor ke Tim Pencarian.

Ngotot Mau Muncak, Tim Gabungan Turunkan Paksa 85 Pendaki Dari Puncak Gunung Lawu

"Menurut keterangan teman satu tim, sebelum Alvi hilang, sempat ikut mendirikan tenda di Pos 5, sedang Supriyanto dan Anam meneruskan perjalanan, sampai puncak Gunung Lawu. Setengah jam kemudian keduanya turun ke Hargo Dalem,"kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa.

Alvi sebelum diketahui hilang, lanjut Ari Budi Santoso, sempat menerima tantangan dua cewek pendaki, asal Wonosobo, balapan naik ke puncak dengan hadiah traktir makan di Mbok Yem (satu satunya warung di puncak Gunung Lawu).

"Dalam perjalanan ke puncak. Fitriya dan Janika yang menantang Alvi, tidak meneruskan ke puncak karena staminanya menurun.

Keenam teman Alvi yang berada di Pos 5 diberitahu kedua cewek pendaki ini kalau Alvi naik ke puncak,"pungkas Ari.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved