Status THL di OPD Kabupaten Magetan Berbeda-beda

Dengan berlakunya Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/665/KPTS/013/2018 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota, per 1 Januari 2019 kemarin,

Status THL di OPD Kabupaten Magetan Berbeda-beda
Tribunjatim/kukuh kurniawan
Pelaksanaan SKB CPNS Pemprov Jatim yang dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Dengan berlakunya Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/665/KPTS/013/2018 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota, per 1 Januari 2019 kemarin, setidaknya sejumlah Tenaga Harian Lepas (THL) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Magetan bisa bernafas lega.

Pasalnya sejak berlakunya SK Gubernur Jatim yang ditandatangani Soekarwo itu gaji THL yang sebelumnya hanya mendapat upah bulanan sebesar, antara Rp 700.000 - Rp 800.000, sejak 1Januari 2019 kemarin, melonjak lebih dari 100 persen menjadi Rp 1.8 juta per bulan.

"Saya dapat pengumuman, mulai 1 Januari 2019, upah THL termasuk saya dinaikkan menjadi Rp 1,8 juta dari Rp 700 ribu setiap bulannya. Ini berarti 1 Februari 2019 nanti, saya sudah bisa terima upah sebesar Rp 1,8 juta," kata salah seorang petugas kebersihan GOR Ki Mageti, yang mengaku bernam Joko, kepada Surya, Rabu (9/1-2019).

Perlu diketahui GOR Ki Mageti Kabupaten Magetan ini dibawah pengelolaan Bidang Pemuda dan Olahraga (Bidpora) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Magetan. Selain GOR Ki Magetan, Bidpora juga mengelola Stadion Yoso Negoro setempat.

Selain upah per bulan diatas UMK yang ditetapkan sesuai SK Gubernur Jatim Soekarwo, yang mulai.berlaku per 1 Januari 2019, THL Kebersihan dan Keamanan GOR dan Stadion Kabupaten Magetan itu juga diikutkan asuransi BPJS Kesehatan.

"Selain gaji naik lebih 100 persen, kami juga diikutkan asuransi kesehatan (BPJS), untuk saya, istri dan anak anak. Jadi dengan SK Gubernur ini, kami THL dibawah Dindikpora merasa tenang bekerja, meski pekerjaannya tidak ringan,"ujar Joko kepada Tribunjatim.com.

Billy Syahputra Sebut Ayahnya Tak Kenal Sosmed, Sang Ayah Sindir: Boro-boro, Gram-graman Aja Gak Ada

Anak Nassar Sudah Akrab Sama Fadel Islami Berondongnya Muzdalifah, Intip Potretnya

Mayoritas Wanita di Jawa Timur Pilih Jokowi-Maruf Versi Survei SSC, PDIP: Bukti Emak-Emak Mencintai

PNS Dishub Ponorogo Nekat Gantung Diri di Kantornya, Diduga karena Sakit Tak Kunjung Sembuh

Dikatakan Joko, jumlah THL.yang diserahi tanggungjawab kebersihan, keamanan GOR dan Stadion seluruhnya berjumlah 25 orang, Jumlah itu terdiri dari petugas kebersihan dan tenaga keamanan. Dari jumlah itu, infornasinya masih belum mencukupi, sehingga kebersihan di GOR dan stadion masih kurang maksimal.

"Dikatakan Pak Hadi, salah seorang pejabat di Bidpora Dindikpora, jumlah THL untuk stadion dan GOR masih kurang. Sehingga kebersihan stadion dan GOR kurang maksimal,"kata Joko.

Hadi Purnama, salah seorang pejabat di Bidpora Dindikpora yang dikonfirnasi tentang kenaikkan upah THL di GOR dan Stadion yang lebih 100 persen itu membenarkan dan ini sudah diinformasikan kepada THL yang diserahi menjaga kebersihan dan keamanan arena olahraga di.Kabupaten Magetan itu.

"Tidak saja upah naik di atas UMK, kalau UMK Kabupaten Magetan per 1 Januari 2019 sebesar Rp1. 763. 267, 65, THL stadion dan GOR terima upah sebesar Rp 1,8 juta. Upah itu masih ditambah asuransi kesehatan untuk.THL dan keluarganya,"kata Hadi Purnama seraya menambahkan untuk GOR dan Stadion idealnya butuh THL sebanyak 40 orang, namun karena anggaran yang tersedia hanya pas untuk 20 orang THL, Bidpora tidak berani menambah THL.

Sementara beda dengan THL.di DPRD Kabupaten Magetan untuk tenaga Keamanan dan kebersihan diserahkan kepada pihak ketiga. Sehingga interen DPRD tidak mengetahui jumlah upah THL.untuk tenaga keamanan dan kebersihan.

"Kita lewat jasa pihak ketiga, makanya sekarang ini masih menunggu lelang di LPSE. Kita tahunya bayar ke pihak ketiga setelah diumum di LPSE. Soal kualitas dan kuantitas tenaga Kebersihan dan Keamanan, tanggungjawab pihak ketiga"pungkas Sekretaris DPRD Kabupaten Magetan Sujoni kepada Surya (9/1-2019).(Doni Prasetyo./TribunJatim.com).

 
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved