Pemkab Tuban Bangun Plaza Ikan untuk Dongkrak Perekonomian Nelayan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) setempat membangun plaza ikan.

Pemkab Tuban Bangun Plaza Ikan untuk Dongkrak Perekonomian Nelayan
SURYA/M SUDARSONO
Pembangunan Plaza Ikan Tuban telah rampung, Jumat (11/1/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Sebagai daerah yang memiliki potensi kelautan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) setempat membangun plaza ikan.

Pembangunan plaza yang berada di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, itu menyerap anggaran sekitar Rp 4,6 miliar, yang diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Plaza ikan tiga lantai tersebut diharapkan mampu mendongkrak perekonomian nelayan di Kabupaten Tuban, khususnya di kelurahan setempat.

Kilang Minyak Pertamina-Rosneft yang akan Dibangun di Jenu Tuban Diklaim Bisa Kurangi Impor

Pengendara Motor di Tuban Tewas Seusai Menghantam Truk Parkir, Seorang Lainnya Luka-luka

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban, M Amenan mengatakan, Plaza Ikan Tuban dibangun untuk memperkenalkan potensi bidang perikanan yang ada di Tuban.

Dia mengatakan, tempat ini bisa sebagai jendela untuk melihat potensi perikanan dan kelautan di Kabupaten Tuban.

"Plaza ikan ini merupakan sarana untuk mengenal lebih dalam tentang potensi perikanan di Tuban," terang M Amenan Jumat (11/1/2019).

Pangdam V Brawijaya Resmikan Masjid Al-Arif Kodim 0812 Lamongan, Inilah Riwayat Masjidnya

Fenomena Serangga di Masjidil Haram, 3 Penyebab Menurut Ahli, 2 Negara Lain Dapat Serangan Sama

Dia menambahkan, Plaza Ikan Tuban rencananya akan diresmikan tahun ini dan akan ada beberapa kegiatan, atau aktivitas di dalamnya saat beroperasi.

Di antaranya ada pelelangan ikan, penjualan ikan basah, serta penjualan ikan asap, yang sementara ini masih berjualan di sepanjang Jalan Panglima Sudirman.

"Nanti kalau plaza ikan sudah beroperasi, maka bisa digunakan untuk jualan ikan, mulai ikan basah sampai ikan siap makan, termasuk ikan asap," terangnya.

Alasan Warga Tuban Tolak Pembangunan Kilang Minyak Pertamina Rosneft, di Antaranya Trauma Orba

Bantah Berkencan dengan Jung Jae Eun, Changsub BTOB Ungkap Awal Gosip Bermula

Ditambahkannya, untuk lantai satu direncanakan akan ada fasilitas toko kios untuk jual beli bagi nelayan, ada penjualan olahan produk perikanan, penjualan ikan hidup, dan pelayanan lainnya.

Kemudian untuk lantai dua diharapkan menjadi sentra kuliner seafood, dan di lantai tiga ada ruang pertemuan umum dan kafe dengan pemandangan laut.

"Konsepnya secara bersama untuk memastikan kualitas, harga, penampilan dan keawetan produk. Semoga plaza ikan ini membawa dampak positif," pungkasnya. (Surya/M Sudarsono)

Penulis: M Sudarsono
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved