Rangsang Inovasi Desa,Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura Buat Olahan Lorjuk, Ada Tebus Kelor

Rangsang Inovasi Desa,Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura Buat Olahan Lorjuk, Ada Tebus Kelor.

Rangsang Inovasi Desa,Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura Buat Olahan Lorjuk, Ada Tebus Kelor
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura saat melakukan pameran olahan makanan di Balai Desa Pademawu Timur, Kabupaten Pamekasan, Minggu (13/1/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura memamerkan karya olahan makanan unik, cantik dan menarik berbahan lorjuk di Balai Desa Pademawu Timur, Kabupaten Pamekasan, Minggu (13/1/2019).

Berbagai olahan makanan seperti makanan rengginang lorjuk rasa-rasa, aci lorjuk, tebus kelor (telor gabus keju lorjuk).

Semua olahan makanan berbahan lorjuk.

Kerap Jadi Juara, Kelinci Karap Milik Bocah 11 Tahun di Pamekasan Pernah Ditawar 10 Juta

Perlu diketahui, lorjuk merupakan kerang bambu yang berbentuk kecil dan panjang, oleh warga Pamekasan disebut Lorjuk.

Kepala Desa Pademawu Timur, Abu Sidik mengapresiasi pameran olahan makanan berbahan lorjuk yang digagas oleh mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura di desanya.

Ia menyampaikan terimakasih atas perjuangan mahasiswa-mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura dalam memberdayakan masyarakat dan akan mengkaji masukan dari sejumlah mahasiswa terkait inovasi baru berkenaan dengan usaha makanan yang akan dikembangkan.

Banyak Stand Kuliner, CFD Taman Monumen Arek Lancor Pamekasan Membludak Sejak Pagi

“Berbagai olahan makanan ini sangat unik, dibungkus dengan cantik dan menarik bagi siapa saja yang datang,” pungkasnya.

Kepala Dusun Malangan, Ida Puspita Sari (32) menjelaskan pameran olahan makanan tersebut merupakan karya mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura di Desa Pademawu Timur.

Ia menambahkan kegiatan tersebut melibatkan 100 warga sekitar untuk turut serta mengikuti kegiatan pameran olahan makanan berbahan lorjuk yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Mandiri kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura yang ditempatkan di balai Desa Pademawu Timur.

"Kami bangga dan senang dengan hasil produk olahan yang dipamerkan oleh mahasiswa KKN ini. Dengan adanya inovasi baru yang dikemas dengan bungkus yang menarik tentunya akan menjadi dampak baik bagi warga sekitar untuk meniru. Apalagi mahasiswa KKN ini bukan sekadar memamerkan saja, tetapi juga memberi tahu cara membuatnya," katanya.

Anas Nugroho, Kordinator Desa, menambahkan tujuan dari KKN Mandiri Kelompok 14 Universitas Trunojoyo Madura dan pameran olahan makanan ini untuk memberdayakan kemampuan masyarakat dan mengeksplorasi potensi desa asal daerah masing- masing.

“Yang harapannya bisa meningkatkan income masyarakat,” terangnya.

Di sisi lain Ana Maghfiroh (21) penggagas ide olahan makanan berbahan lorjuk mengatakan, ia melihat potensi desa Pademawu Timur yang mayoritas penghasilan lautnya melimpah seperti lorjuk tersebut.

"Dengan produk yang saya ciptakan, saya ingin memberitahu kepada masyarakat sekitar, bahwa harus peka terhadap potensi desa yang mereka miliki. Lorjuk tidak hanya sebatas menjadi lauk pauk saja, tetapi bisa diinovasikan untuk menjadi makanan yang lebih menarik dan tentunya memiliki nilai jual yang lebih tinggi," jelasnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved