Berhasil dalam Pembangunan Berkelanjutan, Pakde Karwo Raih Peringkat Pertama Nirwasita Tantra 2018

Gubernur Jatim, Soekarwo berhasil meraih peringkat pertama Penghargaan Nirwasita Tantra 2018 yang merupakan penghargaan tertinggi lingkungan hidup.

Berhasil dalam Pembangunan Berkelanjutan, Pakde Karwo Raih Peringkat Pertama Nirwasita Tantra 2018
ISTIMEWA
Pakde Karwo menerima peringkat pertama Penghargaan Nirwasita Tantra 2018 dari Wapres RI, Jusuf Kalla 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jatim, Soekarwo berhasil meraih peringkat pertama Penghargaan Nirwasita Tantra 2018 yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, kepada Pakde Karwo di Auditorium Dr. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jalan Gatot Subroto Jakarta, Senin (14/1/2019).

Penghargaan ini diraih Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, karena sebagai kepala daerah ia dinilai berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan.

Sebulan Jelang Pakde Karwo-Gus Ipul Purna, DPRD Jatim Belum Dapat Jadwal Pelantikan Gubernur Baru

"Selain itu, Pak Gubernur juga diniliai terus menghasilkan inovasi sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya," kata Kabiro Humas dan protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai, Senin (14/1/2019).

Dalam penghargaan Nirwasita Tantra 2018 ini, di tingkat provinsi, Jatim berhasil menjadi peringkat pertama menyisihkan Provinsi Sumatera Barat di peringkat kedua dan Provinsi Sumatera Selatan di peringkat ketiga.

Tidak hanya Pemprov Jatim, beberapa kab/kota di Provinsi Jatim juga meraih penghargaan serupa yakni Kota Surabaya untuk kategori kota besar dan Kabupaten Lumajang untuk kategori kabupaten besar.

Pakde Karwo Hadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan dengan Jusuf Kalla

Selain penghargaan Nirwasita Tantra 2018, dalam kesempatan ini, Provinsi Jatim juga memborong banyak penghargaan Adipura.

Dimana sebanyak 24 kab/kota di Provinsi Jatim meraih penghargaan Adipura, serta penghargaan Adipura Kencana yang diterima Kota Surabaya untuk kategori kota metropolitan. 

Ke-24 kab/kota tersebut untuk kategori kota sedang diraih Kab.Jombang, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kab. Tulungagung, Kota Madiun, Kota Kediri, Kab. Lumajang, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo. Untuk kategori kota kecil diraih Kab. Pamekasan, Kab. Mojokerto, Kab. Sumenep, Kab. Tuban, Kab. Probolinggo, Kab. Pasuruan dan Kab. Nganjuk. Selain itu, Kab. Pacitan, Kab. Blitar, Kab. Situbondo, Kab. Trenggalek, Kab. Madiun, Kab. Lamongan, Kab. Ngawi dan Kab. Malang. 

Gugat Menteri LHK hingga Gubernur Soekarwo, Ecoton: Populasi Ikan Sungai Brantas Menurun 80 Persen

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah Terbaik yang diraih Kota Surabaya dan Kota Malang.

Serta, sertifikat Adipura yang diraih Kota Batu (kategori kota sedang) dan Kabupaten Sampang (kategori kota kecil), dan plakat sebagai terminal bus terbaik yang diraih Kota Malang. 

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved