Pembekalan KKN Tematik Ala Universitas Jember

Pembekalan yang dilakukan di Gedung Soetarjo di Jalan Kalimantan Jember itu diberi tajuk "Membuka Inspirasi untuk Membangun Desa".

Pembekalan KKN Tematik Ala Universitas Jember
sri wahyunik/surya
Suasana teaterikal bermain layang-layang saat pembekalan KKN tematik di Unej 

 TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pembekalan KKN tematik 2019 di Universitas Jember (Unej) berlangsung secara berbeda, Senin (14/1/2019).

Pembekalan yang dilakukan di Gedung Soetarjo di Jalan Kalimantan Jember itu diberi tajuk "Membuka Inspirasi untuk Membangun Desa".

Berbeda karena pembekalan itu tidak berlangsung secara monoton. Dosen-dosen tidak berceramah panjang dan membikin kantuk.

Pembekalan itu diisi dengan berbagi cerita sukses dari peserta KKN tematik tahun sebelumnya. Beberapa orang yang telah mengikuti KKN tematik tahun 2016, 2017, dan 2018 diundang untuk berbagi cerita sukses di lokasi KKN masing-masing.

Di lokasi KKN tematik, mahasiswa harus memiliki karya atau bentuk pengabdian bagi desa dan masyarakat setempat.

Mahasiswa yang dinilai berhasil di KKN tematik tahun sebelumnya saling berbagi cerita sukses, seperti kelompok KKN yang menginisiasi desa wisata Glingseran Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, dan website desa di Desa Cermee Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso.

Tidak hanya mendengarkan cerita sukses dan pengarahan dari dosen, pembekalan KKN tematik itu juga dimeriahkan aksi teaterikal.

Prostitusi Online di Kota Madiun, Tarif Sekali Main Rp 1 Juta

Vanessa Angel Diduga Transaksi Prostitusi di Singapore, Jakarta dan Surabaya

Vinessa Inez Gugat Cerai Ryan Deye, Tidak Tahan dengan Sikap KDRT Sang Suami

"Mahasiswa KKN tematik menggali potensi desa masing-masing. Ada yang menginisiasi terbentuknya desa wisata, pemberdayaan ekonomi, desa melawan stunting, juga penguatan website desa. Ini sebagai bentuk pengabdian secara berkelanjutan, jadi tidak hanya sekadar KKN kemudian selesai dan hilang," kata Rektor Universitas Jember M Hasan kepada Surya.

KKN tematik ini, lanjut Hasan, sekaligus meruntuhkkan menara gading kampus. Kampus, khususnya Unej, tegas Hasan, harus mengabdi kepada negeri dan dimulai dengan turut membangun desa.

KKN tematik tahun 2019 ini digelar di 159 desa di empat kabupaten yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Probolinggo.

Sebanyak 956 mahasiswa yang terjun dalam KKN tematik tersebut. Mereka akan terjun ke masing-masing desa mulai 15 Januari 2019. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved