Banyuwangi Culture Everyday Digelar Sepanjang Tahun

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, kini dihadirkan panggung kreasi seni budaya yang bisa dinikmati setiap malam sepanjang tahun

Banyuwangi Culture Everyday Digelar Sepanjang Tahun
Surya/Haorrahman
Suasana perhelatan Banyuwangi Batik Festival (BBF) digelar di Gelanggang Seni Budaya, Taman Blambangan, Sabtu (17/11/2018) malam. 

TRIBUNJATIM. COM, BANYUWANGI - Bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi, kini dihadirkan panggung kreasi seni budaya yang bisa dinikmati setiap malam sepanjang tahun. Digelar setiap hari di kawasan Taman Blambangan, kegiatan bertajuk Banyuwangi Culture Everyday itu mulai digelar sejak Senin (14/1) malam.‎

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa event ini sengaja digelar untuk memberikan hiburan kepada para wisatawan maupun warga Banyuwangi sendiri.

"Pergelaran seni akan digelar setiap malam di tempat ini. Silakan melihat kekhasan seni dan tradisi Banyuwangi di panggung inibsetiap hari," ajak Abdullah Azwar Anas.

Selain menjadi atraksi wisata, event ini dimaksudkan untuk mengapresiasi bakat dan hobi kesenian anak muda Banyuwangi.

"Hal ini juga menjadi ajang bagi pelajar dan anak muda di Banyuwangi untuk mengekspresikan hobinya," kata Abdullah Azwar Anas kepada Tribunjatim.com. ‎

Tak hanya itu, lanjut Anas, acara ini sekaligus menjadi ajang pelestarian dan konsolidasi kebudayaan Banyuwangi.

Caca Duo Molek Terciduk Nyabu di Apartemen Bersama Seorang Pria, Pakai Narkoba Hanya Coba-coba

Polda Jatim: Tidak Menutup Kemungkinan Status VA Bisa Menjadi Tersangka

Mengintip Isi Hotel Raffi Ahmad dengan Pemandangan Indah Pegunungan Es, Harga Sewanya Juga Terungkap

"Semuanya akan dilibatkan untuk bisa menunjukkan atraksi keseniannya. Selain kesenian Banyuwangi sebagai pertunjukkan wajib, atraksi kesenian lainnya pun diperbolehkan. Seperti halnya kesenian Islami," tutur Abdullah Azwar Anas kepada Tribunjatim.com.‎

Anas menambahkan, seluruh penampil pada Banyuwangi Culture Everyday tersebut akan dinilai. Para jawara akan diumumkan setiap tiga bulan sekali.

"Mudah-mudahan yang tampil malam ini jadi juara," kata dia menyemangati para para penampil.

Nala Kencana Wirabumi, salah satu penampil pada Banyuwangi Culture Everyday tersebut, merasa senang. Siswa kelas V SDN Kepatihan itu mengaku bangga jika hobinya di dunia kesenian bisa ditampilkan.

"Tidak hanya latihan saja. Tapi, juga bisa tampil," ungkap gadis berusia 11 tahun tersebut.

Para penampil di Banyuwangi Culture Everyday adalah pelajar SD - SMP se-Banyuwangi.

"Jadwalnya telah diatur sepanjang tahun. Senin hingga Rabu pelajar SD dan SMP. Kamis, dari pelajar MI dan MTs. Jumat dan Sabtu dari SMA. Minggu dari umum," terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yanuar Bramuda.

Selain panggung seni, setiap hari di area Taman Blambangan juga dihelat sport everyday tiap aore hingga malam hari. Event ini menjadi ajang kompetisi olahraga para pelajar se-Banyuwangi. Mereka akan bertanding basket 3 on 3 juga bola voli.

"Juga akan diisi coaching clinic sejumlah cabang olahraga. Mulai dari wushu, taekwondo, bulu tangkis dan lain sebagainya. Semuanya pun telah terjadwal di Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi," kata Bramuda. (haorrahman/TribunJatim.com).

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved