Diduga Korupsi Rp 29 Miliar, Mantan Pejabat BUMD Jatim DItangkap Kejaksaan Negeri Surabaya

Mantan Pimpinan Trading Batubara PT Petrogas Jatim Utama (PJU), Wahyudi Pujo Saptono resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Surabaya.

Diduga Korupsi Rp 29 Miliar, Mantan Pejabat BUMD Jatim DItangkap Kejaksaan Negeri Surabaya
TRIBUNJATIM.COM/PRADHITYA FAUZI
Wahyudi Pujo Saptono saat digelandang menuju mobil tahanan Kejari Surabaya, Kamis (17/1/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Pradhitya Fauzi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mantan General Manager Finance and Administration/Pimpinan Trading Batubara PT Petrogas Jatim Utama (PJU), Wahyudi Pujo Saptono resmi ditahan oleh Kejari Surabaya.

Wahyudi terlihat telah mengenakan seragam tahanan Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Surabaya akibat dugaan tindak pidana korupsi pada Kamis (17/1/2019) petang.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Surabaya, Heru Kamarullah mengatakan, kasus itu berawal sekitar 15 November 2010 lalu.

Saat itu tengah dilakukan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara dua perusahaan, yakni PT. PJU dengan PT. GHI.

(Cara Mudah Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel, Cukup Ikuti 9 Langkah Berikut!)

(Fakta-fakta Ira Koesno, Moderator Debat Pilpres 2019 Putaran Pertama, Punya Segudang Prestasi)

Ketika itu, PT. PJU ditandatangani oleh Direktur Utama (Dirut) PT PJU Abdul Muid. Sedangkan, pejabat dari PT GHI oleh Suryanto, di sebuah gedung di Surabaya.

“Ada beberapa pedoman aturan yang tak dipatuhi PT PJU di dalam PKS itu,” beber Heru kepada awak media, Kamis (17/1/2019) petang.

Kata Heru, Anggaran Dasar PT PJU itu dalam mekanisme kerjasama pihak ketiga, sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 43 Tahun 2004.

Di dalam pelaksanaannya, mulai perencanaan kerjasama, pelaksanaan kerjasama, sampai pencairan anggaran internal PT PJU, ternyata tak sesuai standar operasional prosedur (SOP) internal PT PJU.

Heru mengungkapkan, ketidaksesuaian itu diketahui mulai dari pengalihan uang kas PT PJU, modal kerjasama dengan PT GHI kepada pihak ketiga, hingga faktur fiktif yang digunakan untuk pencairan anggaran modal kerjasama tak dapat dipertanggungjawabkan.

(VIDEO: 25 Lukisan Bertema Equilibrium Karya Empat Seniman Dipamerkan di House Of Sampoerna Surabaya)

(BREAKING NEWS: DPO Muncikari Vanessa Angel Tiba di Polda Jatim Seusai Ditangkap di Jakarta)

Halaman
12
Penulis: Pradhitya Fauzi
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved