PT INKA Kirim 15 Dari 250 Gerbong ke Bangladesh Lewat Pelabuhan Tanjung Perak

Perusahaan BUMN, PT INKA ( Persero), melakukan pengiriman 15 gerbong Kereta Api (KA) ke Bangladesh Railway, melalui terminal Zamrud Utara, Pelabuhan T

PT INKA Kirim 15 Dari 250 Gerbong ke Bangladesh Lewat Pelabuhan Tanjung Perak
SURYA/SUGIHARTO
Sebuah gerbong kereta tipe 'Broad Gauge' dimasukkan kedalam lumbung kapal untuk dikirim ke Bangladesh, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/1/2019). Pengiriman 15 gerbong kereta tersebut merupakan pengiriman pertama dari 250 gerbong produksi PT INKA untuk Bangladesh Railway dengan rincian 50 gerbong kereta tipe 'Broad Gauge' dan 200 tipe 'Meter Gauge'. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perusahaan BUMN, PT INKA ( Persero), melakukan pengiriman 15 gerbong Kereta Api (KA) ke Bangladesh Railway, melalui terminal Zamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Minggu (20/1/2019).

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, hadir melepas ekspor gerbang KA yang ketiga kalinya ke Bangladesh tersebut.

Pemerintah memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan PT INKA yang mampu memenangkan tender pengadaan kereta api Bangladesh sebanyak total 250 gerbong.

"Pencapaian membanggakan ini menunjukkan kemampuan enjiniring dan teknologi yang bersaing di kancah industri perkeretaapian dunia," kata Airlangga.

(Princess Cruises Tawarkan Paket Wisata Pesiar Super Hemat, Termasuk Pesiar ke Alaska)

(Terburu-buru ke Tempat Kerja, Pria Jember Ini Senggol Truk Gandeng, Tewas Terlindas Roda Truk)

Lebih jauh Airlangga mengatakan bahwa Pemerintah akan memperkuat bank ekspor untuk mendukung pembiayaan kegiatan ekspor agar industri mampu menembus pasar luar negeri.

PT INKA juga berhasil meningkatkan kebutuhan sumber daya manusia dari 5.000 pekerja menjadi 8.000 pekerja dengan melakukan ekspansi fasilitas produksi di Banyuwangi.

Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro, mengatakan, pengiriman ini merupakan pengiriman kereta untuk tipe BG (Broad Gauge) dengan jumlah total 15.

"Setelah 15 unit ini, sisanya dikirim bertahap melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sampai dengan bulan Juli 2019," jelas Budi.

(Masih Taaruf, Fahri Hamzah Sebut Garbi Belum Tentukan Arah Dukungan di Pilpres 2019)

(Gubernur Jatim hadiri Sidang Raperda Inisiatif DPRD Sebagai Jaminan Pemerintah kepada Investor)

Secara keseluruhan, PT INKA (Persero) memproduksi 250 kereta untuk Bangladesh Railway dengan rincian yakni 50 kereta tipe BG (Broad Gauge) dan 200 kereta tipe MG (Meter Gauge).

Perbedaan kereta antara kereta tipe BG dan kereta tipe MG terletak pada lebar track (track gauge) yang digunakan.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved