Relawan Sosial Perwaka Berjuang Hapus Stigma Buruk Pengidap HIV - AIDS

Relawan sosial Persatuan Waria Kediri Raya (Perwaka) Kota Kediri terus berjuang agar pengidap HIV - Aids tidak mendapatkan stigma negatif.

Relawan Sosial Perwaka   Berjuang Hapus Stigma Buruk Pengidap HIV - AIDS
(Surya/Didik Mashudi)
Anggota Perwaka Kediri sewaktu mengikuti kegiatan sosialisasi pencegahan HIV/Aids di Monumen Peta, Kota Kediri. 

 TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Relawan sosial Persatuan Waria Kediri Raya (Perwaka) Kota Kediri terus berjuang agar pengidap HIV - AIDS tidak mendapatkan stigma negatif.

Upaya itu dilakukan dengan melakukan sosialisasi ke sejumlah komunitas agar pengidap HIV- Aids tidak semakin dikucilkan masyarakat.

Mika Yudha Prasetya, seorang relawan Perwaka secara periodik melakukan anjangsana ke rumah pengidap HIV Aids. Upaya itu dilakukan untuk memberikan dorongan agar pengidap virus memiliki semangat dan harapan.

Bukan itu saja, upaya sosialisasi agar pengidap HIV Aids tidak mendapat stigma negatif juga dilakukan dengan memberi pencerahan kepada kelompok komunitas.

"Suka dukanya jadi petugas lapangan memang banyak. Namun banyak dukanya karena masih sering menjumpai adanya stigma negatif pengidap HIV Aids," ungkapnya kepada Tribunjatim.com.

Mika mengaku tidak lelah untuk terus menghapus stigma buruk tersebut.

"Diskriminasi yang sering kami temui kalau ada pengidap HIV Aids mengucilkan dan menjauhi," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Malahan banyak warga masyarakat yang merasa takut dan jijik dengan pengidap HIV Aids.

"Fokus sosialisasi kami agar stigma diskriminasi itu tidak semakin meluas. Karena yang harus dijauhi itu virusnya bukan orangnya," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Didatangi Satgas Anti Mafia Bola, Mantan Exco PSSI di Surabaya Tolak Dikaitkan dengan Tersangka Lain

Kick Off Liga 1 2019 Mundur, Ini Plus Minusnya Menurut Manajemen Persebaya Surabaya

Asyik, Liburan ke Malaysia-Banyuwangi Hanya Rp 250.000

Diakuinya, dari sejumlah pengidap HIV Aids yang pernah didampingi mengaku psikisnya drop setelah divonis mengidap HIV Aids.

Halaman
123
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved