Ingin Renovasi Rumah namun Dana Terbatas? Perhatikan Poin Penting Berikut!

Profesional Arsitek sekaligus Pemilik VIP Archlab, Fafan Tri Afandy menjelaskan, jika akan melakukan renovasi rumah dengan dana yang terbatas.

Ingin Renovasi Rumah namun Dana Terbatas? Perhatikan Poin Penting Berikut!
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Satu di antara hambatan dalam renovasi rumah ialah dana yang terbatas.

Profesional Arsitek sekaligus Pemilik VIP Archlab, Fafan Tri Afandy menjelaskan, jika akan melakukan renovasi rumah dengan dana yang terbatas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Pertama, jika renovasi rumah harus disesuaikan kebutuhan. Kebutuhan itu kan ada yang bertambah juga ada yang berkurang," jelasnya kepada TribunJatim.com, Senin (28/1/2019).

Tren Konsep Rumah, Masyarakat Cenderung Lebih Bebas dan Ekspresif Sesuai Karakter

Misalnya, yang paling sering terjadi dalam renovasi rumah ialah ketika keluarga muda membeli rumah dengan dua kamar, kemudian memiliki anak yang akhirnya mempengaruhi kebutuhan kamar.

"Jadi kebanyakan renovasi rumah justru karena kebutuhan mereka yang berubah," terangnya.

Kedua, jika renovasi rumah sebaiknya menggunakan elemen ruang yang eksisting seefisien mungkin agar tidak menambah komponen baru.

"Karena membongkar ruangan kan membutuhkan biaya. Misal ingin mengganti granit ke marmer ini kan pasti menambah biaya," tuturnya.

Renovasi Fasilitas, Wisata Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi Ditutup Sementara

Selanjutnya, dalam renovasi rumah dapat  menggunakan jasa orang yang punya pengalaman perencanaan rumah seperti jasa arsitek maupun interior desainer.

"Namun, selama ini masyarakat masih memandang pasti biayanya mahal menggunakan jasanya. Padahal, justru mengggunakan jasa mereka, efisiensi mengolah dana lebih terjamin. Daripada trial and error sendiri, biaya bongkar pasang rumah akan lebih berisiko," imbuhnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved